Tips Aman Berkendara dari Begal Motor

Tips aman dari begal motor - Semakin ngeri saja ya pemberitaan di TV maupun media baik media cetak, online, elektronik mengenai begal motor. tak jarang para begal motor ini membahayakan pengendara motor bahkan sampai tak segan segan menghabisi nyawa korbannya jika melawan selain melakukan perampasan motor. Tambah bikin kita terpana adalah kebanyakan tersangkanya adalah remaja yang masih terhitung pelajar.

Tidak hanya di ibukota saja namun begal motor sekarang ini banyak terjadi didaerah daerah mungkin juga bisa terjadi di daerah sekitar anda. nah anda dituntut untuk selalu menjaga kewaspadaan anda dimanapun anda berada. Kali ini saya akan share bagaimana melindungi anda dari begal motor yang sewaktu waktu bisa mengancam keamanan dan keselamatan anda saat berkendara.

tips aman dari begal motor
Tips berkendara aman dari begal motor. Img credit: Pixabay.com

Tips Aman Berkendara dari Begal Motor
  1. Tips pertama adalah selalu berdoa sebelum berangkat dan selalu menjaga kewaspadaan anda dimanapun anda berkendara baik siang ataupun malam apalagi dijalan didaerah yang sepi.   
  2. Dalam situasi rawan begal pada saat ini, berhati hati berkendara dimalam hari, akan lebih baik hindari berpergian malam hari apabila tidak ada keperluan yang sangat penting & mendesak.
  3. Dan jika anda terpaksa harus keluar dengan sepedamotor pada malam hari,  carilah rute jalan yang ramai walaupun harus menempuh jarak yang lebih jauh. Hal ini penting daripada anda berpikir cepat sampai tujuan namun tidak aman mending anda terlambat namun anda aman dari para pembegal motor.
  4. Jika anda ingin mengunjungi tempat jauh dengan berkendara motor akan lebih baik jika bersama dengan teman teman anda untuk jalan bareng, para pembegal motor umunya memilih korban yang berkendara sendiri.
  5. selalu perhatikan lingkungan jalan tempat anda berkendara. Pada saat berkendara selalu waspada dengan sekeliling anda. Manfaatkan kaca spion untuk melihat kondisi dibelakang anda. Jika anda merasa ada yang mencurigakan atau merasa diikuti segeralah cari pos polisi atau minimal tempat ramai dan berhenti sejenak lalu sesudah dirasa aman lanjutkan perjalanan anda.
  6. Jangan putuskan pergi malam hari sendirian. Ajaklah saudara atau teman untuk menemani perjalanan anda.
  7. Hindari membawa barang barang berharga jika anda berkendara sendiri, namun jika anda terpaksa harus membawanya maka Letakkan barang berharga anda di tas atau bagasi motor. Hindari sesuatu yang mencolok sehingga para pelaku kejahatan tertarik.
  8. Opsi terakhir jika sampai terjadi pembegalan di jalan dan anda sudah terlambat untuk menghindari maupun mencegah terjadinya kejahatan, lebih baik anda menyerahkan harta anda, daripada anda harus kehilangan nyawa anda. Tinggalkanlah kendaraan anda, kemudian larilah sekencang-kencangnya ke rumah warga terdekat dari tempat anda. Ini adalah langkah terakhir yang anda harus lakukan jika anda benar-benar dalam keadaan bahaya. Lebih baik kehilangan barang ataupun motor anda daripada keamanan nyawa anda terancam. dan segeralah menghubungi kantor pos polisi terdekat sehingga petugas dapat melakukan pengejaran dengan cepat.
Nah demikian tips aman berkendara dari pembegal motor. baca juga artikel kami lainnya tentang tips aman berkendara di jalan raya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara