Tips Agar Tidur Nyenyak & Pulas

Tips tidur nyenyak - Memiliki kualitas tidur yang baik tentu berimbas ke kesehatan anda baik secara fisik maupun pikiran, semangat dan kebugaran anda. Kualitas tidur didapatkan jika anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, kenyamanan, nyenyak dll. Nah jadi sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik agar stamina anda selalu fit, terbebas dari stres, bangun pagi lebih bersemangat, tidak mudah terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat.

Namun terkadang kenyamanan tidur anda akan terganggu oleh beberapa faktor seperti kenyamanan lingkungan tidur, sering terbangun ditengah malam, kesulitan tidur (insomnia) dll. Nah kali ini saya akan share tentang tips bagaimana mendapatkan kualitas tidur yang baik agar tidur anda lebih nyenyak dan lebih pulas. Baca juga cara mengatasi insomnia atau gejala kesulitan tidur.

cara agar tidur nyenyak dan pulas
Tidur nyenyak dan pulas. Img credit: Pixabay.com

Tips Agar Tidur Nyenyak & Pulas

Jangan merubah pola tidur
Sering merubah jadwal tidur sering menjadikan tidur anda terganggu. Anda akan bangun ditengah malam atau terbangun belum saatnya bangun ataupun waktu tidur anda menjadi lebih pendek. Usahakan memiliki jadwal tidur teratur sebagai contoh saja jika anda tidur malam jam 10 malam maka usahakan tidur juga sesuai kebiasaan anda itu. baca juga cara agar selalu bangun pagi.

Hindari hal hal yang mengganggu waktu tidur anda
Hal hal yang bisa mengganggu tidur bisa berasal dari lingkungan yang berisik, mengkonsumsi banyak makanan sebelum tidur, merokok atau minum minuman keras, mengkonsumsi obat atau kopi, menunda waktu tidur, begadang dll. nah hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur anda sehingga anda kesulitan tidur nyenyak dan pulas.

Buat suasana tidur senyaman mungkin
Buat lingkungan tidur anda senyaman mungkin sehingga anda cepat mengantuk dan nyaman sewaktu anda tidur sehingga saat bangun tidur nanti anda menjadi lebih fit dan bersemangat. Lingkungan tidur yang nyaman sebagai contoh saja dengan meredupkan cahaya yang terlalu terang dikamar anda, matikan komputer atau letakkan buku bacaan anda, menggunakan peralatan tidur yang nyaman dan bersih seperti sprei, kasur, bantal, lingkungan yang bersih dan nyaman dan hindari kebisingan atau suara berisik yang mengganggu konsentrasi tidur anda. Baca juga cara efektif cepat tertidur.

Mandi air hangat
Mandi menggunakan air hangat juga akan mendukung anda untuk tidur lebih nyenyak dan pulas, alasannya adalah dengan mandi menggunakan air hangat akan membuat anda lebih rileks. Anda juga bisa minum teh hijau tanpa gula untuk mendatangkan rasa kantuk anda.

Berolah raga atau beraktifitas
Nah jika anda rajin dan teratur berolahraga atau beraktifitas maka saat malam menjelang tidur tubuh anda akan lelah dan mengantuk karena energi anda yang anda gunakan untuk berolahraga atau beraktifitas.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara