sponsored ads

Cara Efektif Agar Laptop Tidak Lemot & Bekerja Optimal

Posted By : Posted on - 5:44:00 PM with 12 comments

Sangat tidak mengenakkan jika laptop atau komputer yang kita pakai terasa lemot atau berat dengan loading yang cukup lama padahal kita sangat mengharapkan kinerja laptop atau komputer kita bisa cepat. Mungkin anda bisa dibuat jengkel dengan kinerja laptop atau komputer anda yang lemot bahkan jika anda harus menyelesaikan tugas tugas dari kampus atau kantor anda dengan cepat.

Laptop atau komputer lemot bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sebelum membahas tips bagaimana mengatasi laptop lemot dengan cara sederhana berikut adalah beberapa alasan kenapa kinerja laptop atau komputer anda menjadi lemot bahkan sangat lemot.

  • Prosesor panas bisa disebabkan fan prosesor lembek atau kotor
  • Overheating
  • Spek komputer / Laptop tidak memadai
  • Virus, spyware, malware, temporary file maupun registry eror
  • Banyaknya aplikasi di laptop
  • Kerusakan pada hardware seperti hardisk
  • Kapasitas memory 
  • Driver lama (tidak terupdate)
  • Umur laptop atau komputer
  • Penggunaan aplikasi / program yang berat
  • dll
lemot


 Cara Efektif Agar Laptop Tidak Lemot

Nah setelah anda mengetahui kemungkinan kenapa laptop anda terlalu lemot kinerjanya berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut:

Prosesor Panas

Saat proses overload maka hal tersebut akan menyebabkan prosesor cepat panas, tentu saja jika prosesor overheating atau terlalu panas bisa menyebabkan masalah pada kinerja laptop atau komputer menjadi lemot. Prosesor panas itu adalah hal wajar karena prosesor bekerja, namun jika prosesor overheating atau terlalu panas maka hal itu tidak wajar dan menyebabkan komputer lemot. 

Tips mengatasinya adalah periksa apakan fan atau kipas laptop anda sudah lembek atau tidak bekerja sempurna. Bersihkan dan pastikan prosesor ataupun motherboard selalu dalam keadaan bersih termasuk RAM. Pastikan juga sirkulasi udara dalam CPU atau laptop anda bisa keluar masuk dengan lancar.

Virus, temp dan registry eror

Pastikan anda memiliki antivirus yang terupdate sehingga tidak ada virus, malware, spyware masuk dalam komputer anda karena dapat menyebabkan laptop anda lemot. Pastikan juga anda memiliki aplikasi cleaner untuk membersihkan temp dan registry eror di laptop anda.

Banyak aplikasi / Berat

Aplikasi yang digunakan terlalu banyak juga bisa menyebabkan kinerja komputer maupun laptop menjadi lemot. Pastikan anda memasang aplikasi yang memang benar benar dibutuhkan saja agar kinerja komputer anda menjadi lebih lancar. Sembunyikan atau hindari shortcut aplikasi yang terlalu banyak pada desktop windows manager anda.

Atau hindari program atau aplikasi yang berat. Banyak menu tabs yang dibuka juga bisa menyebabkan laptop berat karena laptop akan bekerja ekstra untuk mengerjakan semua program secara bersamaan.

Kerusakan hardware

Kerusakan hardware seperti motherboard, RAm dan hardisk merupakan hal utama yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lemot. Pastikan untuk rajin defragmentasi hardisk anda, memastikan tidak ada yang corupt di hardisk anda.

Kapasitas memori

Mungkin saking seangnya bermain game atau aplikasi tertentu menyebabkan anda banyak memasng aplikasi tersebut sehingga kinerja komputer menjadi lemot karena kelebihan kapasitas memori. Umumnya terjadi di local disk C tempat biasa anda menempatkan aplikasi tersebut. Pastikan Ruang memori C plaing tidak tersisa 20 gb.

Driver lama

Driver lama juga bisa menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat karena prosesor kesulitan membaca driver yang terpasang dalam komputer anda. Pastikan untuk mengupdate driver anda ataupun windows update untuk memperbaharui driver lama dalam komputer anda.

Umur laptop

Umur laptop atau komputer juga sangat mempengaruhi kinerja laptop atau komputer. Umur laptop atau komputer lebih 5 tahun ya wajar jika sudah mulai ngadat dan lemot. Solusinya ganti baru laptop lama anda hehehehehe,...atau setidaknya lakukan perawatan dengan benar agar memanjangkan umur laptop atau komputer anda.

12 comments:

  1. bermanfaat bgt,
    terimakasih ats informasinya,.
    izin share

    ReplyDelete
  2. oh jadi begitu ya, terimakasih untuk informasi tentang cara efektip supaya laptop tidak lemot

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara