sponsored ads

Tips Mengoptimalkan Kembali Artikel Blog Lama

Posted By : Posted on - 11:47:00 PM with 4 comments

Pengoptimalan SEO artikel lama - Artikel lama biasanya kalah bersaing dihalaman utama mesin pencari atau SERP karena kalah bersaing dengan artikel artikel baru yang lebih fresh. Namun terkadang kita memiliki kenangan atau kesan terhadap artikel lama tersebut dan menginginkan artikel lama tersebut kembali dapat bersaing di hasil pencarian mesin pencari. Ada kalanya seorang blogger juga ingin postingan-postingan lama yang dipublikasikan di tampilkan dan dibaca kembali oleh para pengunjungnya.

Ada beberapa tips yang berguna untuk mengoptimalkan artikel kembali SEO pada artikel lama yang dipublikasikan agar artikel lama anda kembali dibaca oleh pengunjung blog anda. Nah berikut tips mengoptimalkan SEO artikel lama anda agar dapat bersaing kembali di SERP mesin pencari:

tips mengoptimalkan artikel lama blog

Tips Mengoptimalkan Kembali Artikel Blog Lama

Mengupdate artikel lama
Mengupdate artikel lama adalah melakukan pembenahan artikel yang berguna memberikan informasi yang benar pada artikel lama anda dengan cara melakukan revisi konten yang mungkin saat ini sudah tidak berlaku atau tidak digunakan. Sebagai contoh saja jika artikel anda membahas tentang resep masakan dan konten anda masih menggunakan cara konvensional maka revisi dan ganti dengan menambahkan mungkin penggunaan alat alat dapur yang canggih untuk meracik makanan atau hal lain yang diperlukan.Baca juga mengoptimalkan artikel untuk mendatangkan traffik kunjungan.

Mempublikasikan ulang
Kita semua mengetahui bahwa di platform blogger artikel baru akan ditampilkan di halaman pertama template blog (walaupun bisa diubah pengaturannya) namun kebanyakan para blogger melakukan pengaturan standar yaitu artikel baru akan berada di halaman teratas lalu disusul artikel yang lebih lama. Nah bagaimana dengan artikel lama yang pertama kali anda publish, kemungkinan pembaca enggan membaca artikel lama tersebut. Melakukan re-post atau publikasi ulang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mempromosikan kembali postingan anda. Dengan melakukan hal ini, postingan lama anda akan kembali tampil. Dan pengunjung yang sebelumnya tidak pernah membaca postingan lama tersebut akan membacanya.

Share Sosial Media
Degan membagikan link di media sosial atau share di media sosial merupakan cara efektif untuk mengoptimalkan penayangan artikel lama anda agar kembali dibaca dan mungkin mendapatan penayangan kunjungan baru. Membagikan artikel-artikel yang sebelumnya tidak pernah terbaca di media sosial juga cukup bagus untuk meningkatkan kembali penayangan pada artikel tersebut. Apalagi jika anda mempunyai fans di facebook atau follower di twitter yang lumayan banyak, hal ini juga bisa membuat artikel lama kamu populer kembali.

Internal Link
In link atau internal link atau dalam dunia SEo dikenal dengan doorway link juga sangat efektif untuk mengoptimalkan kembali artikel lama anda. Internal link biasanya menggunakan anchor text link atau jangkar link atau link yang ditempatkan dalam sebuah artikel blog yang apabila diklik oleh pengunjung akan menuju ke halaman artikel lain di blog anda. Gunakan fasilitas ini pada artikel baru anda dengan begitu jika ada pembaca membaca artikel baru anda dan mengklik link dalam artikel baru akan membawanya menuju ke artikel lama anda.

Menggunakan widget random post di blog
Widget random post adalah fasilitas widget yang digunakan untuk menampilkan postingan acak di blog anda. Dengan begitu kemungkinan artikel lama anda ditampilkan dalam random post ini an kemungkinan besar pengoptimalan artikel lama anda akan berhasil anda lakukan.


Gunakan Widget Artikel Terkait
Widget ini kegunaannya sama seperti random post (artikel acak), namun untuk penggunaan artikel terkait lebih terstruktur karena biasanya widget ini akan menampilkan artikel per-label atau memiliki keterkaitan niche maupun keyword dengan artikle lain yang berhubungan atau terkait. Nah jika pembaca anda membaca artikel yang memiliki keterkaitan label dengan artikel lama anda maka artikel lama anda akan ditampilkan dalam widget artikel terkait ini dan kemungkinan artikel lama anda untuk kembali teraca akan semakin lebih besar.

4 comments:

  1. Wah banyak juga ya caranya, paling efektif kira2 yang mana ?

    ReplyDelete
  2. Artikelnya sangat membantu.saya baru mulai di blogger,cuma saya masih bingung cara agar dapat pengunjung yg banyak gimana caranya. Blog saya di resep masakan dan artikelnya juga sudah lumayan, tapi kok pengunjungnya sedikit sekali, pake backlink juga sudah saya lakukan.gimana caranya biar banyak pengunjungnya? Trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuncinya adalah sabar gan hehehehhe... Mencari pengunjung butuh proses, selain itu agan juga bisa mempercepat mendapatkan pengunjung dengan:
      1.Promosi blog (share media sosial, blogwalking, menulis di blog orang lain untuk mendapatkan link)
      2.Menulis konten blog yang unik, original dan berkualitas
      3.Buat loading blog lebih cepat & buat template semenarik mungkin
      4. Gunakan google analityc dan webmaster untuk mengecek kesehatan situs

      Delete
  3. Patut ane coba gan...ane punya blog yg ga terurus portingannya.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara