Tips Mencegah & Mengatasi Rambut Beruban Dini

Tips mengatasi rambut beruban dini - Rambut beruban merupakan hal alami yang akan dialami setiap manusia. Namun bagaimana jika anda baru berumur 20 - 30 an rambut anda sudah mulai beruban, maka kemungkinan anda menderita rambut beruban dini. Rambut beruban akan terjadi alami karena saat anda beranjak tua maka produksi melanin dalam rambut akan semakin berkurang, melanin ini yang bertanggung jawab dalam pewarnaan rambut, nah jika produksi melanin berkurang maka rambut anda akan secara alami memutih atau beruban. Masalahnya adalah jika rambut beruban dini atau beruban belum tiba waktunya. Maka hal ini bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri karena anda akan kelihatan tua dari umur sebenarnya usia anda.

Greying rambut atau rambut beruban dini merupakan keprihatinan besar bagi orang dewasa muda saat ini, terutama perempuan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi greying- genetik, fluktuasi, merokok, polusi, stres, dll. Tidak adanya "melanin" (pigmen yang memberikan warna rambut alami) di rambut menyebabkan rambut beruban. Ketika Anda bertambah usia atau bertambah tua, aktivitas melanosit melambat dan tubuh secara bertahap berhenti memproduksi melanin sehingga rambut akan beruban secara alami. Tidak ada patokan berapa usia kapan seseorang akan mulai beruban, namun jika rambut dirawat dengan benar maka tidak tertutup kemungkinan rambut anda akan kelihatan hitam dan lebat secara alami walaupun anda sudah beranjak tua.

Baca juga:

Bahan kimia yang ditemukan dalam produk rambut berbahaya untuk rambut apabila digunakan dalam jangka panjang. Jadi hindari penggunaan rutin pewarnaaan pada rambut. Juga, kekurangan vitamin dan mineral tertentu dalam tubuh dapat menambah masalah ini. Makan makanan bergizi sangat penting untuk kesehatan rambut. Berikut adalah tips alami untuk mencegah & mengatasi beruban dini pada rambut:

tips mengatasi rambut beruban
Img credit: Flickr.com
Tips Mengatasi Rambut Beruban Dini

Daun kari dan minyak kelapa
Daun kari memiliki manfaat yaitu membantu folikel rambut anda kembali memproduksi pigmen rambut. Daun kari merupakan obat yang sempurna untuk mengatasi beruban dini pada rambut. Rebus segenggam daun kari segar dalam minyak kelapa selama 5-7 menit. Saring minyak dan biarkan dingin. Pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak ini dan biarkan selama setengah jam atau bahkan semalam. Cuci keesokan harinya. Ramuan minyak ini akan membantu dalam pigmentasi rambut secara alami.

Lemon dan minyak Almond
Air perasan lemon memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang membantu mengatasi permasalahan rambut seperti rambut beruban dini ini. Caranya adalah dengan menggunakan campuran minyak almond dengan jus lemon dan menerapkannya pada rambut dengan menggunakan ujung jari Anda. Ini akan memperlambat proses beruban rambut.

Teh hitam
Teh hitam sangat efektif untuk mengobati rambut beruban prematur. Cukup merebus daun teh dan mendinginkannya. Saring air teh dan menerapkannya pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Bilas dengan air dingin tanpa menggunakan shampoo. Atau anda bisa menggunakan mustard hangat atau minyak kelapa, pijat kulit kepala Anda secara teratur untuk mencegah beruban prematur.

Selain makan makanan yang sehat, minum banyak air untuk flush atau mengeluarkan racun dari tubuh. Racun dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk prematur beruban rambut. Selain itu, hindari junk food sebagai makan berlebihan makanan cepat saji dapat berkontribusi untuk rambut rontok serta beruban secara dini.

1 comment:

  1. mengurangi stres juga bisa mencegah rambut beruban

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara