sponsored ads

Tips Lengkap Mengetahui Penyebab, Pencegahan & Pengobatan Jerawat

Posted By : Posted on - 3:55:00 PM with 7 comments

Mengatasi jerawat secara alami - Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi jerawat, terlebih dahulu kita ketahui apa sih sebenarnya jerawat itu? Menurut situs Wikipedia bahasa indonesiaJerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Sehingga jika tidak ditangani secara tepat maka jerawat bisa menimbulkan masalah kulit lain seperti spot hitam atau flek di kulit, perubahan warna kulit, kulit tidak rata akibat bekas jerawat ini. Kita tidak bisa menghindari jerawat karena jerawat akan timbul walaupun cuma beberapa kali saat manusia hidup.

Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Ya karena tidak ada seorang manusia normal tanpa melewati yang namanya jerawat kecuali jika menderita kelainan atau penyakit tertentu. Bahkan menurut Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebab paling umum kenapa manusia pasti terkena jerawat adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Nah siapa yang tidak pernah mengalami perubahan hormonal, menstruasi atau haid yang tidak normal, hamil dan stres itulah yang kemungkinan tidak akan mengalami jerawat, jelas tidak ada kan? Berikut beberapa penyebab paling umum timbulnya jerawat:

cara alami mengatasi jerawat
Img credit: Flickr.com

Penyebab jerawat timbulnya jerawat

Produksi minyak berlebihan
Jerawat tidak selalu muncul karena kotoran yang meyumbat pori pori kulit, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Nah jika kelenjar minyak ini menumpuk di pori pori kulit maka akan menyumbatnya dan menyebabkan jerawat apalagi ditambah adanya kuman atau bakteri maka jerawat akan cepat muncul.

Kotoran & Sel-sel kulit mati
Nah kotoran & sel sel kulit mati juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Walaupan pada umumnya jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak yang diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas. walaupun jerawat paling umum muncul di area sekitar wajah seperti pipi, dahi, hidung, dagu, leher dan kulit kepala.

Kuman & Bakteri
Nah jika masalah jerawat timbul seperti faktor yang saya sebutkan diatas lebih mudah untuk diatasi, maka yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin terjadi, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen. Jerawat inilah yang memicu masalah baru pada kulit seperti hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit, spot atau flek hitam, kulit kasar dan tidak rata dan membuat pori pori kulit menjadi lebih besar. Baca juga mengatasi bekas jerawat secara alami.

Bahan Kosmetik
Nah kalu ini sering dialami oleh para wanita, karena wanita memang tidak bisa terlepas dari bahan ini yaitu kosmetik. Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak kandungan minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Obat-obatan
Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

Telepon Genggam
Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

Stres
sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

Tipe-tipe jerawat

Komedo
Jerawat jenis satu ini paling sering muncul di wajah sebagian orang yaitu komedo. Komedo sebenarnya adalah pori-pori yang tersumbat, bisa dikategorikan ddalam 2 jenis yaitu komedo terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

Jerawat batu (Cystic acne)
Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini. Karena menurut berbagai uji klinis jerawat ini merupakan jerawat yang bersifat genetik atau keturunan. Secara genetik penderitanya memiliki:

Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak,
Pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak bisa beregenerasi secepat kulit normal
Memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit

Cara mencegah timbulnya jerawat
Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa setiap manusia pasti tidak bisa menghindari yang namanya jerawat walaupun cuma satu kali dalam hidupnya, namun jerawat bisa dicegah atau diminimalisir agar tidak muncul ke permukaan. Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang biasa menyerang wajah. Menangani jerawat tidak boleh sembarangan. Secara umum, perawatan kulit wajah sebagai berikut. Hal yang terpenting selain menggunakan produk dan bahan untuk menghilangkan jerawat, adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisma tubuh dan proses ekskresi yang baik akan membantu pembuangan zat-zat sisa. Pola hidup sehat yang sebaiknya dilakukan adalah:

  • Minum air secukupnya.
  • Menjauhi stres dan selalu santai.
  • Makan sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar lebih lancar.
  • Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air leding di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
  • Rutin mencuci handuk, helm, dan bantal.
  • Jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat.
  • Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2 kali sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.
  • Hindari makanan mengandung yodium dan gula, kopi, dan juga minuman berkarbonisasi.
  • Rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
  • Perawatan wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Keliru memilih produk perawatan wajah dapat memperparah masalah.
  • Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Jintan hitam dan madu sangat baik untuk dikonsumsi.
  • Bersihkan tangan anda sebelum menyentuh wajah, karena ada berbagai macam bakteri yang menempel di tangan akibat aktivitas sehari-hari.
  • Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  • Jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh.
  • Pastiakan menghindari pemakaian kosmetika rias saat tidur karena bisa menyebabkan penumpukan minyak.
  • Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.
  • Membersihkan wajah setelah bepergian atau beraktifitas.
  • Jaga perlengkapan tidur tetap bersih seperti bantal, selimut maupun sprei.

Mengobati jerawat Secara Alami

Daun pepaya
Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, kemudian dijemur.
Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Lobak
Cucilah lobak secukupnya, kemudian parutlah lobak tersebut dan ambil airnya.
Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata.
Oleskan pada jerawat, diamkan hingga mengering.
Setelah kering, bersihkan dengan air.
Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.

Lemon dan tomat
Iris tipis beberapa buah lemon kemudian taruh di atas wajah yang berjerawat.
Iris tipis buah tomat kemudian taruh di atas irisan buah lemon yang sebelumnya telah diletakkan di wajah (jika memiliki kulit sensitif cukup gunakan salah satu dari buah ini).
Diamkan kira-kira selama 10 menit.
Bersihkan wajah dengan air dingin.

Menggunakan Lidah Buaya
Dari berbagai penelitian, Lidah buaya juga mempunyai khasiat yang bagus dalam menghilangkan Jerawat, Penggunaannya pun sangat mudah,  yaitu ; potong beberapa bagian dari lidah buaya dan buang kulit luarnya, oleskan cairan lidah buaya di bagian wajah yang berjerawat setiap pagi dan sore.

Menggunakan Teh Hijau
Yang kedua adalah teh hijau, Kandungan yang ada didalam Teh Hijau yaitu kandungan anti-inflamasi, yang disebut katekin ini dipercaya dapat mencegah kita dari bahaya radikal bebas dan tentunya dapat membantu mengurangi Jerawat yang ada diwajah kita.

Menggunakan Madu Asli
Madu asli, ya memang benar, madu juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan dan juga kecantikan. Madu bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. caranya cukup oleskan madu di bagian yang berjerawat dan diamkan selama 10-20 menit, lalu dicuci, sama dengan Tomat, Lakukan Tiap Pagi dan Sebelum Tidur

Menggunakan Jahe
Nah Jahe juga bisa loh untuk menghilangkan jerawat, caranya dengan memartut Jahe Lalu di usapkan di wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit lalu dibilas bersih, lihat efeknya dalam beberapa hari ke depan.

Menggunakan Jeruk Nipis
Jeruk Nipis yang Memiliki Kandungan citric acid dipercaya dapat memindahkan sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan jerawat, caranya sangat mudah, yaitu campurkan jus/perasan lemon/jeruk nipis dengan air mawar kemudian di oleskan di wajah yang berjerawat. biarkan kira-kira 15 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat.

Menggunakan Bawang Putih
Wow, Bawang Putih Juga bisa untuk menghilangkan Jerawat? Iya bener, Bawang Putih juga bisa, Caranya bisa dengan cara menumbuk Halus Bawang Putih dan diusapkan ke Wajah yang berjerawat, lalu dibilas sampai bersih dengan air, hati hati terkena mata anda, atau bisa juga dengan memakan satu siung Bawang Putih tiap satu Hari.

Menggunakan Timun
Mentimun adalah buah yang memiliki kadar air yang banyak yang dipercaya banyak orang mampu membantu mengurangi jerawat dengan membuag racun yang menutupi pori-pori, Konsumsi Timun Minimal satu dalam satu hari.

Menggunakan Putih Telur
Putih Telur juga bisa digunakan untuk menghilangkan Jerawat, cuman mungkin yang jadi masalah adalah, bau dari Putih telur itu sendiri, caranya sangat mudah,  Pertama pisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke wajah kemudian diamkan kira-kira selama 15 menit. Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang yang bisa menjadi pemicu jerawat.

Menggunakan Kuning Telur
Nah, bukan hanya Putih Telur yang bisa digunakan untuk menghilangkan Jerawat, tetapi Kuning Telur juga bisa loh, caranya hampir sama dengan Putih Telur, Pisahkan Dari Putih Telur, lalu oleskan Kuning Telur dibagian Wajah yang berjerawat, diamkan selama kurang lebih 15 Menit, lalu bilas sampai bersih, Dalam hal ini, lebih bagus Putih Telur yang digunakan untuk menghilangkan Jerawat.

7 comments:

  1. waah ini nih yang selama ini aku cari,,, terima kasih banyak ya gan :)

    ReplyDelete
  2. tips yang sangat bermanfaat terimakasih admin

    ReplyDelete
  3. keren gan inf nya dan sangat menarik
    saya senang berkunjung ke bloga anda
    terus berkreasi gan

    ReplyDelete
  4. kalo jerawat yang meradang itu jerawat apa ya, soalny punyaku kayak jerawat batu gitu jadi ilangnya lama dan susah. But nice info nih membantu banget

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara