Tips Alami Mengatasi Kulit Gelap, Belang & Tidak Merata

Posted By : Posted on - 5:03:00 PM with 1 comment

Mengatasi kulit gelap - Memiliki kulit gelap, kusam, belang dan tidak merata maupun kulit yang tidak sehat memang menjadi masalah tersendiri yang mengakibatkan kurangnya kepercayaan diri. Kulit gelap & tidak merata bisa disebakan oleh banyak faktor dan umumnya terjadi pada lengan, leher, anggota badan yang tidak tertutup, siku, lutut, ketiak sebelah dalam, selangkangan dan anggota badan lain.

Perubahan warna dan warna kulit tidak merata dapat membuat kulit Anda tampak lebih tua tidak sehat, kusam, kering, dan bisa membuat anda menjadi sangat frustasi untuk menangani masalah tersebut. Perubahan warna dapat muncul pada kulit dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa faktor penyebab yang menyebabkan warna gelap pada kulit, belang maupun tidak rata.

mengatasi kulit gelap
Img credit by Flickr
Penyebab Perubahan warna Kulit
  • Hyperpigmentation atau perubahan warna kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin ketika ada cedera, sakit atau kerusakan pada kulit.
  • Sinar Uv atau sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit dan perubahan warna kulit seperti kemerahan, bintik-bintik coklat, bintik-bintik putih, hitam, kemerahan, iritasai dan banyak lagi.
  • Rosacea menyebabkan kemerahan dan penggelontoran pada kulit, terutama hidung, dagu dan pipi.
  • Faktor umur bisa menyebabkan pembuluh darah rusak, bintik-bintik penuaan, lingkaran hitam dan tanda-tanda penuaan dapat menyebabkan kulit tampak tidak rata, kusam, gelap dan lebih tua.
  • Melasma menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih coklat pada wajah dan biasanya dipicu oleh hormon.
  • Vitiligo atau suatu kondisi di mana sel-sel yang membuat melanin pada kulit berhenti bekerja dan menyebkan perubahan warna kulit.
  • Kanker kulit menyebabkan perubahan warna kulit dalam ukuran, bentuk atau warna, bisa jadi kanker kulit dan harus diperiksa oleh dokter kulit.
  • Jamur atau bakteri
  • Masalah medis atau kosmetik kimia untuk perawatan kulit. Baca cara memilih produk pemutih wajah yang tepat.
  • Pasca Inflamasi Hyperpigmentation biasanya disebabkan oleh trauma pada kulit.
  • Jerawat dapat menyebabkan hiperpigmentasi inflamasi bahkan setelah jerawat hilang.

Hiperpigmentasi adalah istilah umum yang mencakup semua jenis daerah gelap dari kulit. Kondisi ini terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak pigmen kulit, melanin, di daerah tertentu, menyebabka kulit menjadi lebih gelap, belang dan tidak merata. Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit kita dan warna mata, serta warna rambut kita. Saat usia bertambah tua maka kulit kurang mampu benar mendistribusikan pigmen, meningkatkan risiko warna kulit tidak merata. Bagian yang paling sering terkena perubahan warna termasuk dahi, pipi, bibir atas, dan dagu. Setelah usia 30, hiperpigmentasi juga dapat muncul sebagai bintik-bintik hitam di wajah, tangan dan area lain dari tubuh. baca artikel lain tentang cara memutihkan ketiak dan selangkangan hitam.

Hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit juga sering dipicu oleh faktor lain. Yang paling umum adalah matahari. Paparan sinar UV yang merusak, baik dari sinar matahari matahari bisa memicu kelebihan produksi melanin, menyebabkan bintik-bintik gelap dan perubahan warna. Pemicu lain yang paling umum adalah perubahan hormonal. Wanita yang mengkonsumsi pil KB atau yang sedang hamil bisa mengalami hiperpigmentasi sebagai tubuh bereaksi terhadap perubahan kadar hormon. Ini menghasilkan jenis penggelapan kulit yang disebut "melasma," yang biasanya mempengaruhi pipi, dagu, dan dahi.

Mengatasi kulit gelap, belang dan tidak merata

Madu dan minyak kelapa
Yang perlu anda ketahui bahwa madu mengandung asam glukonat sedang minyak kelapa mengandung asam hidroksida alfa nah jika kedua nahan digabungkan maka akan berguna sebagai scrub atau membantu pengelupasan kulit gelap dan tidak merata serta meremajakannya sehingga kulit anda akan kelihatan lebih putih dan cerah. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan alami tersebut dalam jumlah yang sama lalu oleskan pada kulit gelap dan diamkan setidaknya 30 menit lalu basuh menggunakan air hangat. Gunakan cara tersebut minimal 2 kali seminggu dan anda bisa melihat hasilnya dalam 4 minggu.

Minyak kelapa dan bubuk kulit jeruk
Minyak kelapa kaya akan kandungan vitamin E yang cukup banyak dan bermanfaat untuk kecantikan. Vitamin E dapat bermnafaat untuk melembabkan kulit. Apabila vitamin E dikombinasikan dengan vitamin C yang ada pada bubuk kulit jeruk maka efeknya akan lebih bagus karena dapat digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit gelap, belang maupun kulit yang tidak rata. Pertama blender kulit jeruk yang sebelumnya telah diberikan sedikit tetesan minyak kelapa. Usahakan untuk tidak diblender sampai halus, biarkan butirannya masih tersisa dan terasa kasar. Kemudian oleskan pada area kulit gelap. Lakukan cara ini menjelang tidur diamkan selama 30 menit lalu cuci menggunakan air bersih dan lihat hasilnya dalam 1 bulan. 

Yogurt & Susu
Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt dan susu dapat dijadikan sebagai pemutih alami kulit. Dengan menggunakan dua bahan ini kulit anda akan menjadi lebih halus dan tampak lebih putih dengan cara mencampurkan 2 sendok yoghurt dan 3 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada kulit gelap dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Bilas dengan air hangat.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara