sponsored ads

Tips Alami Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Posted By : Posted on - 11:02:00 AM with 6 comments

Mencegah hipertensi - Gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat seperti yang banyak kita temui sekarang ini merupakan masalah yang paling umum yang menimbulkan gangguan kesehatan seperti hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang kronis yang meningkatkan risiko dan bisa menyebabkan timbulnya masalah kesehatan berbahaya terkait termasuk penyakit jantung, stroke dan ginjal Baca juga cara mencegah penyakit jantung). Nah jika anda mengetahui resiko yang bisa ditimbulkan hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat menimbulkan kematian, untuk itulah kenapa anda harus mencegah penyakit ini memasuki kehidupan anda atau keluarga anda.

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa gaya hidup memainkan peran penting dalam pencegahan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari atau pencegahan hipertensi atau tekanan darah tinggi:

tips alami mencegah hipertensi
Img credit: Flickr.com
Tips Alami Mencegah Hipertensi

Menjaga berat badan
Orang dengan berat badan yang tidak seimbang (kegemukan) atau obesitas memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini. Lemak yang berlebih pada tubuh kemungkinan akan menyumbat saluran darah sehingga rongga pembuluh darah menjadi semakin kecil tidak seimbang dengan volume darah yang mengalir sehingga bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Orang yang kelebihan berat badan harus menurunkan berat badan untuk menghindari risiko hipertensi.

Pola makan sehat & seimbang
Pola makan dan makanan yang kita konsumsi tiap hari merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Hindari makanan cepat saji (junk food), makanan berlemak atau berminyak dan makanan yang tidak menyehatkan lainnya. Diet Seimbang dan makanan sehat dapat membantu menjaga tekanan darah berada dalam kontrol. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kalium yang akan membantu untuk mengelola tekanan darah.

Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan obat dari segala macam penyakit dan pencegahan dari segala penyakit. Dengan tubuh yang sehat dan kuat maka sistem imune atau kekebalan tubuh anda akan meningkat dengan begitu penyakit tidak mudah menyerang tubuh anda. Berolahraga secara teratur untuk mencegah hipertensi. Kegiatan fisik memainkan peran penting dalam mengontrol tekanan darah. Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit latihan tiga kali seminggu cukup baik untuk menghindari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cek teratur tekanan darah
Pastikan untuk teratur mengecek tekanan darah anda untuk melakukan deteksi dini gejala tekanan darah tinggi. Umumnya gejala awal darah tinggi tidak dapat dideteksi dari fisik untuk itulah kenapa anda disarankan untuk rajin memeriksakan tekanan darah anda untuk mengetahui gejala tekanan darah tinggi anda yang mungkin timbul. Tekanan darah pada kisaran 120-139 / 80-89 milimeter merkuri (mmHg) akan menempatkan Anda pada peningkatan risiko hipertensi. Maka, orang harus berhati-hati, jika tekanan darah mereka mencapai kisaran tersebut.

Hindari konsumsi garam
Kita mengetahui bahwa garam merupakan peningkat kadar tekanan darah. Untuk itu dengan mengurangi konsumsi garam dalam diet untuk membantu menjaga tekanan darah anda normal. Kurangi juga makanan yang memiliki kadar tinggi asupan natrium karena akan meningkatkan risiko tekanan darah.

Hindari kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti bergadang, merokok, meminum minuman beralkohol akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi khususnya dan merugikan berbagai faktor kesehatan anda pada umumnya. Merokok dapat meracuni darah anda dari efek nikotin yang terkandung dalam rokok (baca juga tips mengurangi efek nikotin dalam darah). Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. Jadi salah satu harus menghindari minum alkohol jika Anda ingin menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol.

Hindari stres
Kita semua mengetahui bahwa stres merupakan pemicu atau penyebab berbagai masalah kesehatan. Strespun dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah anda. Tekanan darah atau hipertensi bisa disebabkan oleh stres. Untuk mengurangi stres metode seperti yoga, meditasi, teknik relaksasi yang mendalam atau konseling kesehatan mental dapat mencegah anda dari stres. Baca juga mencegah stres secara efektif.

6 comments:

  1. bener banget gan,,terima kasih banyak gan :)

    ReplyDelete
  2. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak admin

    ReplyDelete

  3. Info yang bermanfaat , Saya tunggu info selanjutnya gan. Terimkash. kunjungi juga blog kami gan.

    Obat Operasi caesar

    ReplyDelete
  4. hidup sehat memang susah2 gampang, giliran sakit aja pengen secap2 sembuh

    ReplyDelete
  5. terimakasih info yang di share sangat menarik sekali dan
    membuat betah di blog agan

    ReplyDelete
  6. terimakasih info nya gan

    hidupp sehatt kami datangg :D

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara