Tips & Cara Tepat Mengatasi Masalah

Posted By : Posted on - 10:55:00 AM with No comments

Tips & Cara Mengatasi Masalah - Setiap orang yang hidup didunia ini pasti pernah mengalami masalah baik masalah ringan atau berat. Masalah yang rumit seringkali membuat orang menjadi tertekan, stres bahkan sampai depresi sehingga pikiran menjadi kacau. Sebenarnya besar kecil masalah tersebut tergantung bagaimana anda menghadapi sebuah masalah, jika anda merasa bahwa masalah yang anda hadapi terlalu rumit maka anda akan menganggapnya sebagai masalah yang berat begitu juga sebaliknya. Saya teringat kata filosof dari Yunani yang mengatakan "Sebenarnya tidak ada suatu masalah selama anda tidak mempermasalahkannya." Hal itu memang demikian benar adanya. Jadi masalah adalah respon anda dalam menanggapi suatu hal dalam hidup anda, Berikut adalah tips & cara tepat menghadapi suatu masalah.

Tips & Cara Tepat Mengatasi Masalah

Tips & Cara Tepat Mengatasi Masalah Yang Sulit

Tetap tenang
Ketenangan merupakan hal yang sangat penting dalam menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Dengan ketenangan anda akan mampu berpikir jernih dan tentunya mampu menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jangan pernah menyelesaikan masalah disaat emosi anda mempengaruhi pikiran anda, bukan masalah selesai yang anda temui kemungkinan anda akan mendapatkan masalah baru dan diluar kendali pikiran anda. Saat anda emosi tenangkan dahulu emosi anda, saat anda tenang anda akan memiliki pikiran yang lebih jernih untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah anda.

Baca juga:
Cara melatih kesabaran
Cara mendapatkan kesehatan pikiran

Jangan mengeluh
Masalah adalah teman kehidupan dan itu adalah kepastian. Selama anda hidup anda akan menemui banyak masalah dalam hidup karena itulah proses kehidupan, siapa yang dapat mengatasi masalah dengan sabar merekalah yang mampu bertahan. Terlalu banyak mengeluh hanya akan membuat anda kehilangan kepercayaan diri anda dan merasa "saya tidak bisa mengatasinya".

Ketahui masalah anda
Dengan mengetahui detail masalah yang anda hadapi anda mampu mencari solusi yang tepat atas permasalahan anda, dengan mengetahui masalah diharapkan anda juga mendapat pembelajaran dalam hidup untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dimasa depan, jika anda tidak mengetahui masalah yang anda hadapi bagaimana anda dapat mengatasinya? Ingatlah kata pepatah bahwa "Manusia yang paling bodoh adalah manusia yang mengetahui kesalahannya dan mengulanginya untuk yang kedua kali." Masalah juga akan muncul jika anda memulainya, penting untuk diingat bahwa jika anda melewati hari ini dengan perlakuan yang baik maka anda tidak akan menemukan masalah diesok hari.

Memotivasi diri
Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan dorongan kekuatan dalam pikiran anda untuk mengatasi masalah. Motivasi yang paling umum digunakan setiap manusia yang beragama adalah dengan berdoa. Jika anda mengetahui bahwa dengan berdoa secara tidak langsung memotivasi diri anda untuk melakukan hal yang luar biasa dibawah kendali alam bawah sadar anda, sehingga anda mampu memiliki dorongan yang kuat untuk menyelesaikan masalah anda. Selanjutnya baca cara mengatasi stres.

Konsultasikan masalah anda
Jika anda merasa hal buntu untuk menyelesaikan masalah anda coba konsultasikan kepada keluarga, teman dekat atau saudara. Setiap manusia pasti memiliki pikiran yang berbeda jadi jika anda berpikir anda buntu untuk mengatasi masalah ini belum tentu pikiran dari yang lain tidak bisa! Kalupun mereka tidak bisa memberika bantuan mereka tentu saja memiliki saran, solusi yang mungkin bisa menjadi referensi bagi anda untuk mengatasi masalah anda.

Segera selesaikan jangan ragu
Jika anda sudah memiliki solusi untuk mengatasi masalah segera beraksi dan take action jangan sampai anda menunda mengatasi suatu masalah. Penting untuk anda ketahui bahwa masalah yang besar merupakan akumulasi dari masalah masalah yang kecil yang anda biarkan terjadi tanpa ada penyelesaian. Jika masalah membesar anda sendiri yang akan kesulitan dan kerepotan untuk menyelesaikannya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara