Tips Agar Mata Tidak Lelah & Mengantuk

Posted By : Posted on - 11:03:00 AM with No comments

Bagaimana cara agar anda tidak mengantuk saat pelajaran kuliah berlangsung atau sedang bekerja? Mata mengantuk dan lelah disebakan oleh banyak fator yang mempengaruhi, sehingga anda merasa mengantuk, mata lelah, tidak fokus dan tentunya pekerjaan yang sedang anda lakukan tidak cepat selesai. Berikut adalah beberapa penyebab mata mudah lelah dan mengantuk:

Penyebab mata mudah lelah dan mengantuk
  • Kurang tidur
  • Terlalu lama didepan komputer atau TV
  • Banyak menatap didalam ruangan yang terlalu terang
  • Kecapekan
Tips Agar Mata Tidak Lelah & Mengantuk

Tips menghilangkan mata lelah dan mengantuk
Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengatasi mata lelah atau mengantuk yang menghambat aktifitas anda:

Cukup beristirahat
Mata anda lelah dan selalu mengantuk hal itu karena anda kekurangan waktu untuk beristirahat. solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan tifur yang sehat dan cukup. Dengan cukup istirahat dan mendapatan kualitas tidur yang tepat maka anda akan terhindar dari rasa malas, tidak fokus, kurang semangat dan saat bangun pagi badan anda akan terasa bugar.

Minum Kopi
Zat kafein dalam kopi merangsang otak anda untuk lebih fokus terhadap sesuatu, begitu menurut para pakar medis. Dengan meminum kopi maka anda akan tidak mengantuk dan yang perlu diperhatikan adalah jangan meminum kopi lebih dari 3 gelas perhari, dan jika hal itu dilakukan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti asam lambung maupun gagguan otak ringan.

Menatap di ruang gelap
Mata lelah dan pedih disebabkan oleh keletihan pada otot mata yang terjadi akibat rangsangan cahaya yang terlalu kuat ataupun terang, nah solusi untuk mendapatkan mata anda kembali segar adalah dengan masuk dalam ruangan gelap dan tetap membuka mata setidaknya selama 10 menit. Saat anda keluar dari ruangan gelap tersebut mata anda akan kembali segar. Atau jika anda tidak memiliki ruangan gelap ditempat kerja misalnya, anda bisa menutup mata anda dengan telapak tangan anda namun dengan mata terbuka. Hal tersebut akan menetralkan otot mata anda akibat pencahayaan terang seperti cahaya dari komputer anda.

Membasuh muka & mata anda
Mata pedih dan mengantuk juga bisa disebakan iritasi pada mata, kotoran atau debu maupun keletihan otot mata. Anda bisa mencoba cara ini yaitu dengan masukan wajah anda pada bak air mandi anda dengan mata terbuka selama beberapa waktu.

Jangan Mengucek mata
Jika mata anda lelah atau mengantuk istirahatkan mata anda dan jangan menguce mata anda. Jika anda lakukan akan menyebabkan gangguan atau masalah pada mata seperti iritasi, sakit, pedih, mata merah, berair dan gangguan mata lainnya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara