sponsored ads

Cara Efektif Melatih Kesabaran

Posted By : Posted on - 11:26:00 AM with No comments

Melatih Kesabaran - Apakah anda orang yang memiliki kesabaran, anda bisa dikatakan sabar jika anda memiliki kemampuan untuk dapat mengendalikan emosi atau impuls dan menerima atau melanjutkan dengan tenang segala hal saat anda menghadapi kesulitan. Seperti dikutip dari Essential Life Skill Kesabaran merupakan kemampuan untuk mentolerir, menerima, menunggu, mendelay suatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan anda tanpa anda merasa frustrasi, emosi, gelisah atau marah. Kesabaran dalam bahasa inggris berarti patience yang berasal dari bahasa latin thpatiencee yang berarti menderita, bertahan, dan menanggung.

Di zaman yang serba instan, modern dan serba cepat ini semakin sulit bagi kita menemukan orang orang yang memiliki kesabaran. Kemajuan tekhnologi yang serba cepat sehingga memungkinkan setiap orang bisa mendapatkan segala yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah tanpa harus menghadapi banyak kesulitan disinyalir merupakan faktor yang bisa menyebabkan orang merasa tergesa gesa dan tidak memiliki kesabaran. Lalu apakah kita perlu untuk bersabar? Jika anda mampu memahami bahwa segala sesuatu yang berharga, terbaik dan penting tidak dapat berlangsung dengan segera karena segala halmembutuhkan proses apapun itu. Dibutuhkan waktu, dedikasi dan usaha untuk mencapainya.
Cara Efektif Melatih Kesabaran

Manfaat dari bersabar
Tentu saja bersabar memiliki banyak manfaat dalam hidup anda, kalau tidak memiliki manfaat kenapa bersabar selalu dianjurkan dalam setiap aspek kehidupan. Berikut adalah sedikit dari banyak manfaat yang bisa anda peroleh jika anda mampu menjadi orang yang memiliki kesabaran.

Sehat secara fisik & mental
Orang yang memiliki kesabaran terbukti memiliki tingkat frustasi yang rendah. Kesabaran mampu mengurangi tingkat stres dan membuat Anda lebih bahagia, nah jika anda memiliki tingkat stres yang lebih sedikit atau rendah maka anda bisa terbebas dari segala tekanan pikiran yang kita tahu bahwa tekanan pikiran bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, dengan terbebas dari stres atau mampu meminimalisir stres maka secara tidak langsung anda memperoleh kesehatan secara fisik dan mental.

Mampu menekan emosional
Ketika Anda belajar dan berlatih kesabaran Anda tidak mudah marah, stres atau frustasi. Anda lebih bisa mengendalikan emosi Anda bahkan dalam situasi yang sulit, jika anda mampu mengendalikan segala emosi masalah apapun yang anda hadapi dapat anda selesaikan dengan mudah karena anda bisa berpikir secara jernih tanpa melibatkan rasa emosional dengan begitu anda berada dalam posisi yang lebih baik untuk menangani situasi sulit dengan mudah dan dengan ketenangan.
    
Awet muda & bahagia
Menurut berbagai survey dan penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang memiliki kesabaran (mampu mengontrol emosional) memiliki umur panjang dan lebih bahagia, daripada orang yang tidak mampu mengontrol tingkat emosionalnya.

Kesuksesan
Ketika anda mampu bersabar, Anda memiliki banyak waktu untuk menilai situasi, melihat rencana besar, dan mampu memilah setiap pro dan kontra. Kemungkinan membuat kesalahan besar dapat dikurangi karena Anda tidak tergesa-gesa dan memiliki waktu yang cukup untuk berpikir.

Membantu mengembangkan pemahaman, empati dan kasih sayang.
Jika anda memiliki kesabaran maka Anda secara otomatis lebih memahami dan memiliki rasa penuh kasih dengan orang lain ketika Anda sendiri memiliki kesabaran. Orang yang bersabar akan lebih meluangkan waktu untuk memproses apa yang akan mereka lalui dan dapat menentukan apa yang diperlukan untuk mengatasi hambatan sehingga mereka lebih memahami orang lain. Jika orang mampu melihat orang lain dengan sudut pandang yang berbeda maka mereka akan memiliki hal yang lebih baik dalam menjalin hubungan yang lebih memuaskan dengan pasangan, teman-teman, anak-anak maupun orang orang disekitarnya.

Membantu Anda memahami dan menghargai setiap proses.
Seperti  yang telah saya sebutkan sebelumnya sesuatu yang berharga membutuhkan waktu dan usaha untuk dicapai. Seperti kata pepatah lama "Roma tidak dibangun dalam sehari." Perencanaan, pertumbuhan, evaluasi dan proses semua membutuhkan waktu, dan meluangkan banyak waktu berarti membutuhkan kesabaran.   

Tips Cara Melatih Kesabaran

Menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari
Melatih kesabaran tumbuh didalam hati dan tindakan anda juga membutuhkan waktu yang ekstra. Berlatihlah berpikir tentang segala sesuatu yang akan Anda lakukan, berhati-hati dalam hidup ini dipagi hari sebelum anda memulai aktifitas. Pada malam hari sebelum anda pergi tidur, amati semua cara di mana Anda telah membuat keputusan yang cerdas, bergaul baik dengan orang lain dan benar-benar mengerti apa yang terjadi dan dilakukan pada hari ini. Belajar untuk melakukannya setiap hari. Mengembangkan kesabaran jauh lebih sulit seperti latihan fisik karena memerlukan ketekunan dan usaha.

Pelankan sedikit waktu anda
Pelan yang dimaksud bukan mengajari anda untuk malas atau enggan melakukan suatu hal, namun cenderung untuk lebih melatih anda untuk bersabar, melatih anda berpikir sebelum melakukan suatu hal. Jika Anda memiliki kecenderungan untuk terburu-buru dan mencoba untuk bergegas, ingin sesuatu segera dapat tercapai dan tidak bisa menunggu untuk hal-hal yang membutuhkan proses maka hentikan kebiasaan anda itu. Ambil beberapa napas dalam-dalam sebelum bertindak atau bergerak. Sebagai contoh, jika Anda berada di barisan panjang di bank saat anda ingin mengambil uang atau berada di antrian loket untuk membeli karcis kereta, buat keputusan untuk berhenti, menghormati pengguna lain sampai waktu giliran anda dan jangan menyerobot hak orang lain.

Berpikir sebelum Anda berbicara.
Saat anda membicarakan suatu hal yang menarik tentu saja anda akan bersemangat untuk berbicara dan tidak ingin seseorang yang anda ajak bicara memotong pembicaraan anda. Anda bisa melatih kesabaran anda dengan berpikir sebelum anda mengatakan sesuatu, atau menghormati orang lain untuk berbicara dan mendengarkannya. Ini akan melatih anda untuk bersabar untuk menghindari "saya dulu yang bicara" dan melatih kesabaran anda untuk mendengarkan pembicaraan orang lain.

Memaafkan
Jika ada orang bersalah kepada anda tentu saja anda marah, anda marah karena anda tidak memiliki kesabaran. Maafkan kesalahan atau kekurangan orang lain yang membuat Anda marah merupakan cara efektif untuk mengembangkan kesabaran anda yakinkan diri bahwa setiap manusia pasti memilki kekurangan masing-masing.
    
Aktifitas yang mengajari anda bersabar
Banyak hobi yang bisa melatih kesabaran anda seperti memancing, memancing membutuhkan kesabaran sampai anda mendapatkan tujuan anda yaitu mendapatkan ikan. Jika anda mampu bersabar anda akan mendapatkan apa yang anda inginkan yaitu ikan yang anda pancing. Begitu juga dalam kehidupan jika anda bersabar melalui masalah masalah dalam hidup ini anda juga akan mendapat apa yang anda impikan.

Kesabaran jelas merupakan suatu karakter sifat yang berharga untuk dikembangkan. Orang yang bersabar kelihatannya mungkin tampak pasif, namun itu adalah bentuk aktif, terarah dan diperlukan kedisiplinan diri. Tanpa kesabaran banyak tindakan kita akan menjadi kontra-produktif dan akhirnya banyak waktu dan energi akan terbuang dari kehidupan kita. Dan tentunya, kesabaran adalah suatu kebajikan yang telah teruji dan semua agama didunia ini mengajarkan kesabaran didalam ajarannya untuk mengajari tiap orang agar lebih baik didalam hidupnya.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara