sponsored ads

9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri / Minder

Posted By : Posted on - 3:52:00 PM with 1 comment

Mengatasi minder - Masalah kepercayaan diri merupakan masalah yang sering kita  kita hadapi salah satunya minder. Minder merupakan perasaan yang membuat kita merasa kecil, merasa tidak mampu, merasa tidak berkompeten, merasa rendah ataupun merasa tidak bisa melakukan sesuatu. Minder merupakan bentuk kurangnya kepercayaan pada diri atau rendahnya percaya diri. Jika kita biarkan rasa ini berlarut larut dalam hidup kita tentu saja akan membuat apa yang ingin anda capai menjadi terhambat. Ketika Anda merasa percaya diri, Anda bisa melakukan banyak hal dengan lebih baik karena anda merasa anda mampu melakukan semua hal dengan baik. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mengatasi rasa minder dalam hidup anda:

cara mengatasi minder

9 Cara Efektif Mengatasi Rasa Minder

Keluar dari zona kenyamanan Anda
Ketika Anda melakukan hal-hal yang Anda pikir Anda tidak bisa, zona kenyamanan Anda akan terus berkembang. Bahkan melakukan sesuatu yang tampaknya kecil setiap hari akan membawa Anda ke sesuatu yang lebih besar. Bangun dari zoman anda dan lakukan hal yang membuat anda lebih baik.

Menjadi diri sendiri
Anda tidak perlu terjebak dalam ketakutan tentang apa yang dipikirkan orang lain terhadap anda. Anda perlu mengingat dan mencatat hal ini Anda tidak dapat mengontrol orang lain atau apa yang mereka pikirkan tentang anda. Jadi cara terbaik untuk mengatasi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan cara menjadi diri anda sendiri tanpa perlu untuk membuat hidup anda seperti orang lain.

Lakukan segala hal menurut cara anda sendiri. Upayakan untuk mengamati, mendengarkan dan menyaksikan pendapat orang lain, namun anda tidak perlu untuk menjadi seperti apa yang mereka katakan. Menemukan gaya personal yang ada pada diri anda Anda. Berpakaian dengan baik, rapi dan berpenampilan baik. Jalani kehidupan Anda dengan cara Anda dan membuat hidup lebih baik tanpa perlu menjadi orang lain.

Sadari ketakutan Anda
Ketakutan adalah normal dan alamai pada diri manusia. Kuncinya adalah untuk tidak membiarkan hal itu melemahkan Anda. Menyadari bahwa hal hal yang membuat anda ketakutan pada diri Anda tidak terjadi pada anda. Yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menyadari dan mengatasi ketakutan daripada menghindari hal tersebut. Tuliskan apa hal yang membuat Anda takut dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut itu.

Menyadari tidak ada hal yang sempurna
Anda harus menyadari bahwa didunia ini tidak ada hal yang benar benar sempurna, sehingga anda tidak perlu berpikir melakukan hal dengan sangat sempurna. Selalu tanamkan motivasi dalam diri anda bahwa anda akan melakukan segala hal dengan lebih baik tidak harus dengan sangat sempurna. Berjuang untuk menjadi sempurna dapat menyebabkan keraguan diri ( "stuckness"). Membuat kesalahan itu wajar dan anda tidak perlu takut untuk melakukan segala hal. Tidak membiarkan diri untuk membuat kesalahan akan membuat kepercayaan diri anda hilang. Overthinking juga dapat melakukan hal yang sama.

Cari apa yang membuat Anda merasa percaya diri
Memperkuat kepercayaan diri itu bisa dilakukan dari dalam maupun luar diri kita (internal-exsternal factors), Jika dari dalam diri kita bisa kita dapatkan dengan keyakinan, motivasi, niat, merasa anda mampu dll. Sedang dari faktor luar anda bisa mendengarkan atau membaca motivasi, enterpreneur, mendengarkan musik yang membuat anda bersemangat dll.

Ubah bahasa tubuh Anda
Masih ingat hal hal yang diajarkan guru kita saat kita duduk dibangku sekolah dasar, saat kita maju membacakan tugas yang diberikan guru kita, kita disuruh untuk membacanya dengan keras, tegak, dan jelas. Hal itu mengajarkan bagaimana agar kita memiliki kepercayaan diri dan tidak minder dihadapan teman teman. Memang benar bahwa bahasa tubuh juga bisa mmenggambarkan tingkat kepercayaan diri kita. Berjalan tegak dan bergerak cepat merupakan cara menilai orang yang memiliki kepercayaan diri. Kepercayaan diri juga bisa dilihat dari:
  • Orang yang percaya diri akan berbicara keras, jelas namun perlahan karena mereka berpikir sebelum berbicara,
  • Orang yang percaya diri akan berjalan tegak, tegap bahwa meyakinkan mereka bahwa mereka bisa dan mampu.
  • Orang yang percaya diri akan melihat mata kontak lawan bicara karena mereka yakin dengan apa yang mereka bicarakan.
  • Orang yang percaya diri akan melakukan hal hal lebih baik akrena mereka percaya dengan kemampuan mereka.
  • Orang yang percaya diri tidak akan menyerah dan terpuruk saat mereka gagal karena mereka kuat.
  • dll.

Tegas
 Menjadi lebih tegas akan mampu mengurangi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri anda, coba untuk menghindari "rasa tidak enak". Katakan iya bila anda yakin dan katakan tidak jika anda tidak yakin melakukannya. Hal ini akan membuat anda merasa lebih baik.

Keyakinan
Fokus pada hasil terburuk yang mungkin bisa terjadi, atau membayangkan hasil tidak seperti yang dibayangkan hanya ankan membuat kecemasan yang tidak perlu, dan menghentikan Anda mengambil tindakan. Gunakan energi Anda untuk memotivasi diri anda dan membuat keyakinan pada diri anda untuk lebih percaya diri dengan mengatakan "Lakukan dan berusaha tentang hasilnya serahkan kepada Tuhan".

Maafkan diri Anda
Manusia adalah tempatnya khilaf dan lupa. Jadi jika anda membuat kesalahan dan membuat apa yang anda lakukan menemui kegagalan maka maafkan diri anda. Tidak ada yang sempurna didunia ini, jika anda menemui kegagalan cobalah bangkit dan mengubah kegagalan anda menjadi kesuksesan daripada anda berkutat dengan menyalahkan diri sendiri ssehingga anda memiliki rasa minder bahwa apa yang akan anda lakukan salah, tidak yakin apa yang akan dilakukan dan takut melakukan segala sesuatu.

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara