sponsored ads

10 Cara Alami Atasi Suara Serak / Parau

Posted By : Posted on - 7:33:00 AM with 26 comments

Suara serak bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti batuk terus-menerus, flu atau laringitis (radang tenggorokan). Suara serak juga bisa disebabkan oleh rasa sakit di tenggorokan. Kebanyakan berteriak, iritasi karena cuaca, asap atau debu diketahui juga bisa menyebabkan suara serak / parau. 

Beberapa bahan herbal dapat menjadi obat alami yang sangat efektif untuk mengatasi suara serak /parau. Bahan bahan alami aman digunakan dalam jangka panjang dan memiliki khasiat lain yang sangat berguna bagi kesehatan. 

Bahan herbal mampu memberikan rasa nyaman di tenggorokan dan meredakan rasa sakit ditenggorokan akibat suara serak. Suara serak yang persisten dan kronis harus dirawat oleh dokter profesional agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab suara serak / parau
  • Iritasi yang disebabkan oleh debu, asap atau alergen lainnya
  • Cuaca ekstrim (perubahan suhu mendadak)
  • Merokok
  • Kekurangan cairan (dehidrasi)
  • Penyakit tertentu
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak higienis
  • dll
suara serak

Penyebab - penyebab suara serak atau parau

Perubahan yang tidak biasa pada suara yang disebabkan karena rangsangan di pita suara dikenal sebagai suara serak. Hal ini terjadi karena pembengkakan di amandel, atau karena beberapa infeksi, penggunaan suara yang berlebihan, iritasi di tenggorokan dll. Suara serak harus segera diobati karena iritasi yang berlangsung dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker dan ada beberapa pengobatan rumah alami yang dapat membantu seseorang langsung untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga:

Cara mengatasi suara serak atau parau

Mengatasi suara serak / parau menggunakan Licorice

Licorice adalah penawar rasa sakit alami dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya menjadi obat herbal yang sangat efektif untuk mengatasi suara serak. Licorice juga memiliki pengaktif kekebalan tubuh dan sifat ekspektoran sehingga dapat membersihkan lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan suara serak. Glycyrriza glabra adalah nama botani dari tanaman ini. 

Licorice sangat efektif dalam mengatasi faringitis selain mampu mengatasi suara serak. Akar licorice bisa direbus dan digunakan untuk dikonsumsi untuk menyembuhkan suara serak. ramuan licorice dapat membantu untuk mengembalikan suara kembali ke keadaan normal.

Mengatasi suara serak / parau menggunakan Jahe

Zingiber officinale atau Zingiber Rizhoma merupakan nama latin dari tanaman ini. Jahe adalah ramuan dengan banyak sifat kuratif. Jahe juga dikenal memiliki zat antibakteri dan analgesik. Jahe juga berkhasiat membersihkan saluran microcirculatory tubuh yang meredakan kondisi seperti hidung tersumbat dan faringitis yang dapat menyebabkan suara serak. 

Anda dapat menghancurkan akar jahe segar menjadi pasta dan menambahkan beberapa sendok madu. Mengkonsumsi pasta ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat dari ramuan ini. Anda juga dapat menyeduh teh jahe menggunakan akar cincang ramuan ini. Tambahkan Cardamom dan Cengkeh untuk meningkatkan efektivitas.

Pepermint bahan alami membantu mengatasi suara serak

Mentha piperita adalah nama latin dari ramuan ini. Peppermint sangat membantu dalam membantu omengatasi suara serak disebabkan karena dingin atau sakit tenggorokan. Hal ini karena Peppermint mengandung bahan aktif yang disebut mentol. 

Menthol membersihkan apa pun lendir di hidung dan tenggorokan dan juga menenangkan iritasi di tenggorokan. Anda dapat membuat teh Peppermint menggunakan daun segar.

Cranberi

Vaccinium Macrocarpon adalah nama latin dari buah cranberry ini. Telah digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengobati masalah ginjal dan kandung kemih untuk waktu yang sangat lama. Hal ini juga telah digunakan sebagai obat untuk masalah perut serta penyakit kudis. 

Jus cranberry kaya akan antioksidan yang menyembuhkan tenggorokan dan hidung kondisi yang dapat menyebabkan suara serak. Anda juga bisa makan buah dari ramuan ini baik mentah atau dikeringkan untuk manfaat kesehatan.

Campuran Susu kunyit membantu mengatasi suara serak

Segelas susu panas dengan sejumput bubuk kunyit setiap malam selama sekitar satu minggu membantu dalam menyembuhkan rasa sakit yang dialami di tenggorokan.

Lemon dan Madu

Madu sebagai pemanis ketika dimasukkan ke dalam teh adalah obat yang efektif dalam menyembuhkan iritasi tenggorokan dan membersihkan lendir di tenggorokan yang menyebabkan suara anda serak. Asam sitrat dalam lemon membantu dalam membunuh kuman dan madu membantu dalam penyembuhan.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Biasakan meminum cukup minum air putih minimal 8-9 gelas/hari untuk menjaga tenggorokan tetap lembab dan jauh dari kekeringan pada tenggorokan. Minum air putih hangat juga membantu melegakan tenggorokan akibat suara serak / parau.

Bawang

Bawang memiliki sifat antibakteri yaitu akan membunuh bakteri yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan anda. Mengonsumsi campuran dari bawang, dan madu membantu dalam menyembuhkan rasa sakit di tenggorokan.

Berkumur

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam setiap malam selama sekitar sepuluh hari membantu dalam fungsi yang lebih baik dari tenggorokan dan membantu seseorang mencapai suara yang bagus. Hal ini biasanya dianjurkan untuk berkumur setiap hari.

Menghirup uap 

Uap dengan sejumput vicks cair atau balsem harus dihirup dengan kepala tertutup dan proses ini harus diulang sampai masalah reda.

26 comments:

  1. keren gan inf nya dan sangat menarik
    saya senang berkunjung ke bloga anda
    terus berkreasi gan

    ReplyDelete
  2. Thanks gan infonya. Sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. Hr ini gw yg kena serak nihh meeting berantakannnn.. ni hbs bkin lemon madu.. smoga bsk sembuh.. amen..

    ReplyDelete
  4. Gara2 latian jd vokalis rocker 3 hari..... Ech...4 harinya ,K O..
    Tenggorokan kaya ada biji Kedongdongnya...
    Skrg mau coba tip anda, thanks ya.....

    ReplyDelete
  5. bagus nih
    terimakasih gan
    share juga cara alami lain nya

    ReplyDelete
  6. Untuk mengatasi suara serak ternyata dapat dilakukan dengan cara minum ramuan lemon dan madu, papermint, minum air, dan juga minum wedang jahe. Terima kasih untuk informasinya.

    ReplyDelete
  7. Gara fara mau latihan drama,jadi harys teriak teriak 3 hari... Pas hari tandingnya,malah serak

    ReplyDelete
  8. moga aja mempan, soalnya besok gua jadi MC di sekolah :'v

    ReplyDelete
  9. licorice itu kan ada yang berbentuk permen itu... hehe, saya sering makan permen itu. cuma lupa nama permen nya.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih banyak ya infonya, semoga eka cepat sembuh (=゚ω゚)ノ

    ReplyDelete
  11. Semoga coment anda ini bisa bermanfaat bagi orang banyak lumayankan ladang pahala lho...

    ReplyDelete
  12. Aq suka banget tipsnya insya Allah ladang pahala buat anda gan...

    ReplyDelete
  13. tanks, tips tipsnya sangat membantu

    ReplyDelete
  14. Selain dengan obat herbal ada 1 cara yang menurut saya sangat ampuh. Pijat refleksi. Sangat mudah dilakukan dan terbukti ampuh menyembuhkan sakit tenggorokan dan suara serak. Silahkan berkunjung ke website saya gan jika ingin mengaetahui cerita pengalaman mengobati sakit tenggorokan dan serak dengan pijat refleksi.
    Obat tradisional dan pijat refleksi digabungkan. Joss deh!

    ReplyDelete
  15. Saya mau tampil suara serak mau coba semoga bermanfaat dan besok sembuh

    ReplyDelete
  16. thanks,, bgt,,min,,
    bermanfaat nih...
    sering bagi info yg brmanfaat yah

    ReplyDelete
  17. mantap sekali infonya..
    nanti saya mau mencobanya... semoga saja benar dgn apa yg anda sampaikan,, makasih gan,,

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara