sponsored ads

Cara Mengatasi Kegemukan Dan Perut Kendor Pasca Melahirkan

Posted By : Posted on - 6:22:00 PM with 1 comment

Cara Mengatasi Kegemukan - Masalah kegemukan yang timbul pada masa kehamilan sering membuat seorang ibu muda menjadi stres, apalagi setelah melahirkan. Banyak perubahan bentuk tubuh yang mengalami perubahan secara drastis dari tubuh yang semakin membesar, payudara kendor, pantat turun kelebihan lemak pada bagian bagian tubuh tertentu serta berbagai masalah lemak tubuh lainnya. Pertambahan berat badan saat masa kehamilan memang sebuah fakta yang tidak bisa dihindari, ada sejumlah alasan kenapa seorang ibu hamil kebanyakan dari mereka mengalami pertambahan berat badan secara drastis. Namun kali ini kita akan membahas masalah lemak yang timbul dan tubuh yang kendor pasca melahirkan.

Cara Mengatasi Kegemukan Dan Perut Kendor Pasca Melahirkan

Fakta Lemak perut
Ada dua jenis lemak perut, visceral dan subkutan. Lemak visceral merupakan lemak yang terletak di sekitar organ internal Anda dan secara umum Anda tidak dapat melihat lemak visceral. Lemak subkutan adalah lemak yang terletak persis di bawah permukaan kulit dan ini adalah lemak yang dapat Anda lihat dan sering anda lihat di daerah daerah tertentu pada tubuh, pada wanita hamil biasanya akan terlihat di sekitar pinggul, paha dan lengan. Lemak visceral merupakan lemak yang seringkali menyebabkan lemak subkutan timbul, lemak itu akan mendorong keluar lemak subkutan lebih lanjut, membuat perut Anda terlihat lebih besar. Nah untuk mendapatkan hasil yang sempurna menurunkan berat badan dan mengencangkan bagian badan yang kendor maka sangat di sarankan untuk mengatasi kedua jenis lemak tersebut.

Gain lemak atau penumpukan lemak pada bagian tubuh anda sering kali disebabkan oleh beberapa alasan yang berbeda, diluar hubungannya dengan kebiasaan makan Anda. Berikut adalah beberapa faktor penyebab lemak di sekitar perut.

Penyebab Kegemukan Selain Pola Makan

Hormon
Hormon merupakan faktor yang paling umum yang menyebabkan kegemukan selain pola makan. Estrogen merupakan hormon yang terdapat pada wanita, dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan berat badan selama kehamilan, saat kadar estrogen berkurang dapat menyebabkan lemak tersimpan di sekitar perut dan paha dalam persiapan untuk menyusui.

Kehamilan
Masalah kegemukan dan pertambahan berat badan karena lemak tubuh pada wanita hamil merupakan masalah yang paling umum terjadi. Kehamilan menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut dan ada faktor alasan yang baik sebagai contoh kulit kita dapat meregang untuk menampung bayi dan bayi atau janin dalam perut merasa nyaman, empuk dan terlindungi.

Genetik
Masalah genetik merupakan masalah kegemukan yang disebabkan oleh faktor keturunan dan itu tidak bisa dihindari.

Stres
Stres dapat menyebabkan kenaikan berat badan apalagi anda mengalami stres kronis atau tekanan pikiran. Keapa hal tersebut bisa terjadi? tubuh Anda memproduksi sejumlah besar kortisol untuk memerangi dan mengatasi stres. Tingginya kadar kortisol dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi gemuk. Alasannya kortisol merupakan zat dalam tubuh yang membantu mengubah lemak dalam tubuh dan membakarnya menjadi energi, nah saat anda stres kortisol tadi akan berfokus mengatasi atau memerangi stres sehingga pembakaran lemak pada tubuh untuk menjadi energi sedikit terganggu, akibatnya akan terjadi penumpukan lemak.

Pola makan yang tidak tepat
Makan makanan yang salah dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan lemak perut terutama jika Anda makan banyak makanan olahan atau makanan junk food (makanan siap saji). Minuman berkadar gula tinggi dan bir juga dapat menyebabkan Anda untuk mendapatkan lemak perut.

Mengatasi Tubuh kendor dan masalah kegemukan pasca melahirkan

Menyusui
Banyak ibu baru disarankan untuk menyusui bayi mereka untuk berbagai masalah kesehatan baik bagi ibu maupun bayinya. Disarankan bahwa menyusui membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan. Ada alasan sederhana untuk ini yaitu menyusui menyebabkan rahim Anda kembali ke ukuran normal, yang membuat perut Anda terlihat lebih kecil.

Pola Makan tepat
Makan makanan yang tepat akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan, serta lemak pada perut. Makanan olahan dan junk food akan menyebabkan Anda untuk mendapatkan lemak di sekitar perut Anda, bahkan jika Anda makan di bawah asupan yang direkomendasikan kalori harian Anda. Anda dapat mengatasi lemak perut dengan mengonsumsi makanan yang tepat sebagai contoh berbagai macam buah-buahan, sayuran, karbohidrat kompleks, biji-bijian dan protein. Makanan ini memberikan banyak nutrisi, yang akan membuat Anda lebih sehat dan lebih bahagia.

Kurangi Kebiasaan Buruk
Mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan banyak alkohol, atau mengandung banyak gula, minuman soda berkarbonasi dapat menyebabkan lemak perut dan jika anda terbiasa mengonsumsinya tentunya banyak kerugian masalah kesehatan dan sangat sulit bagi Anda untuk mengubah atau mengurangi lemak perut. Terlalu minuman manis dan minuman beralkohol seperti bir bisa menyebabkan kesulitan untuk membangun massa otot dan massa otot adalah kunci untuk mengurangi lemak.

Olahraga teratur
Beberapa orang percaya bahwa Anda dapat mengurangi lemak pada daerah tertentu dari tubuh Anda sendiri, dan sehingga mereka hanya berolah raga daerah-daerah tertentu dari tubuh mereka. Ini berbahaya, karena bisa menyebabkan Anda menjadi tidak seimbang. Usahakan olahraga yang bisa mengurangi lemak pada keseluruhan tubuh dan jenis olahraga yang baik untuk hal ini adalah lari pagi, berenang maupun olahraga yang mampu membuat seluruh bagian tubuh anda ikut bergerak.

Latihan kardiovaskular memiliki banyak manfaat tetapi untuk menurunkan berat badan yang berkepanjangan, Anda perlu membangun massa otot. Ketika Anda berolahraga otot-otot Anda akan mengambil energi dari cadangan lemak Anda untuk mengubahnya menjadi energi saat anda berolahraga. Semakin banyak Anda berolahraga semakin banyak otot Anda mengambil energi dari timbunan lemak.

Yoga
Yoga merupakan cara tepat jika anda masih lemas atau belum bertenaga untuk melakukan olahraga yang cukup berat, ada beberapa teknik yoga yang bisa anda lakukan untuk membakar lemak pada tubuh anda.

1 comment:

  1. aduh kebetulan banget nih saya punya lemak yang numpuk banget di perut :(

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara