Cara Efektif Cerahkan Kulit Gelap Pada Lutut dan Siku

Posted By : Posted on - 4:23:00 PM with 2 comments

Cara Cerahkan Kulit Gelap Pada Lutut dan Siku - Kulit pada lutut dan siku yang gelap merupakan masalah yang paling umum terjadi pada setiap orang, warna yang berbeda dari kulit lain biasa berwarna lebih gelap. Artikel kali ini merupakan lanjutan artikel yang terdahulu tentang cara mencerahkan kulit ketiak dan selangkangan hitam. Jika anda mengalami warna gelap pada lutut maupun siku anda tentu saja hal ini berdampak pada kepercayaan diri anda, mungkin anda jadi malu menggunakan baju lengan pendek maupun celana pendek yang tidak menutupi lutut.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa siku dan lutut berwarna lebih gelap daripada bagian lain dari kulit anda. Kulit di sekitar siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki lebih banyak lipatan dari kulit sekitarnya sehingga warna pada bagian kulit tersebut lebih gelap. Juga dikarenakan tidak ada kelenjar minyak di bagian kulit ini, sehingga kondisi kulit cenderung lebih kering. Jadi ketika anda tidak melakukan perawatan yang tepat dan kebersihan tidak terjaga, kulit di lutut dan siku menjadi lebih gelap daripada bagian lain dari tubuh Anda.

Beberapa faktor lain yang mempengaruhi warna siku dan lutut gelap biasanya terjadi karena sering menggosok pada bagian kulit tersebut, overexposure atau sering terkena paparan sinar matahari, faktor genetik, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, obesitas, penumpukan kulit mati dan peningkatkan pigmen melanin. Berikut adalah beberapa cara bagaimana mencerahkan kult pada bagian siku dan lutut agar warna kulit pada bagian tersebut sama dengan bagian kulit lain. Baca juga cara memerahkan bibir gelap.

Cara Efektif Cerahkan Kulit Gelap Pada Lutut dan Siku

Cara Efektif Cerahkan Kulit Gelap Pada Lutut dan Siku

Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan solusi yang tepat untuk mencerahkan lutut dan siku gelap. Karena minyak kelapa mengandung vitamin E yang dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mencegah kekeringan pada kulit dengan menjaga kulit terhidrasi dan lembab, memperbaiki kulit gelap dan rusak. Caranya adalah dengan:

  1. Mengoleskan minyak kelapa pada lutut maupun siku dan melakukan pemijatan lembut pada bagian kulit tersebut selama 2-3 menit. Lakukan minimal 1 kali dalam sehari hal tersebut membantu kulit pada bagian tersebut agar tidak kering.
  2. Siapkan campuran 1 sendok teh minyak kelapa dan ½ sendok teh air perasan jeruk lemon. Gosokkan dan oles pada siku yang gelap dan lutut dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bersihkan dengan handuk bersih dan kering. Lakukan hal ini minimal sekali sehari, dan anda dapat melihat hasilnya dalam 1 minggu.
  3. Anda juga dapat menambahkan minyak kelapa ditambahkan 1 sendok makan bubuk kenari untuk membuat pasta tebal. Gunakan untuk mengoles patch kulit gelap di sekitar lutut dan siku 2 atau 3 kali seminggu. Pasta ini berguna untuk scrub dan akan mengelupas kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru sehingga kulit pada bagian tersebut akan lebih terlihat cerah.

Lemon
Lemon memiliki kandungan pemutih alami serta bersifat exfoliating. Selain kedua hal tersebut lemon atau jeruk nipis juga memiliki kandungan dengan jumlah tinggi vitamin C yang membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna kulit. Hal ini juga dapat membantu regenerasi sel kulit yang sehat. Cara penggunaanya:

  1. Oleskan jus lemon pada siku dan lutut dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit. Mencucinya dengan air hangat dan oleskan lotion pelembab.
  2. Anda juga dapat mengekstrak jus dari 1 jeruk lemon dan mencampurnya dengan 1 sendok makan madu. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan selama 20 menit. Cuci dengan menggunakan air hangat.
  3. Setelah menerapkan jus lemon, hindari paparan sinar matahari selama 3 jam karena kulit pada bagian tersebut sangat sensitif.

Yogurt
Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan warna kulit. Hal ini juga membersihkan dan melembabkan kulit. Cara penggunaannya:

  1. Campurkan 1 sendok teh yogurt dan cuka putih sehingga menjadi pasta halus. Oleskan pada daerah yang terkena dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan menerapkan lotion pelembab. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  2. Atau, campurkan 2 sendok makan tepung gram dan 1 sendok makan yogurt untuk membuat pasta tebal. Oleskan pada siku atau lutut yang gelap dan biarkan selama 20 menit. Lalu, gosok dengan jari-jari basah untuk menghapus pasta dan bilas dengan air. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Gula
Untuk mencerahkan gelap kulit pada lutut dan siku, Anda juga dapat menggunakan gula scrub buatan sendiri. Butiran gula membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit.

  1. Campur sejumlah takaran sama gula dan minyak zaitun untuk membuat pasta tebal.
  2. Oleskan pasta ini pada lutut dan siku dan gosokkan di sekitar kulit gelap menggunakan gerakan melingkar selama 5 menit.
  3. Mencucinya dengan sabun lembut dan air hangat.
  4. Lakukan ini sekali sehari sampai warna kulit di sekitar lutut dan siku terlihat lebih cerah.
  5. Ulangi perawatan ini setiap minggu.

Baking Soda
Baking soda memiliki sifat sebagai pembersih yang lembut sehingga sangat efektif untuk mengobati lutut dan siku gelap. Hal ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiper-pigmentasi yang terbentuk di sekitar lutut dan siku.

  1. Siapkan pasta dengan mencampur dalam takaran yang sama antara 1 sendok makan susu dan baking soda.
  2. Oleskan pada daerah gelap dan gosokkan di sekitar kulit tersebut dalam gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit.
  3. Mencucinya dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.
  4. Ulangi setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Aloe Vera
Lidah buaya adalah Lightener kulit alami yang juga akan menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Hal ini dapat membantu menjaga warna kulit dan membantu perbaikan sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

  1. Ekstrak gel dengan membuka daun lidah buaya.
  2. Oleskan ke daerah kulit yang gelap.
  3. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
  4. Ulangi 1 atau 2 kali sehari selama beberapa minggu.

2 comments:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara