sponsored ads

Tips Sukses Mengembangkan Blog

Posted By : Posted on - 5:05:00 PM with 6 comments

Tips Sukses Mengembangkan Blog - Sebelum membahasnya anda harus mengetahui apa kegunaan sebuah blog? Mempunyai blog yang sukses memang memiliki kebanggaan tersendiri, ntah itu blog komersial, pribadi maupun organisasi, sukses dalam dunia blogging tentu diukur dari jumlah pengunjung yang besar maupun ranking tinggi blog kita di mesin pencari. Untuk mendapatkan itu semua tentunya memerlukan ide, usaha dan kerja keras. Setidaknya ada 5 hal yang menurut saya sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah blog. 5 hal tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga untuk mendapatkan kesuksesan dalam membangun sebuah blog 5 hal ini harus terpenuhi.

Hal yang menentukan sebuah blog adalah guna dari blog itu sendiri, blog yang sukses tentunya memiliki kegunaan yang besar bagi para pembacanya. Darimana anda mendapatkan rank blog tinggi dan pengunjung yang besar jika blog anda tidak berguna bagi para pembaca. Blog bukan hanya sekedar tulisan asal-asalan, copy paste maupun mengambil isi dari blog lain. Blog adalah karya kita, dan jika kita serius mengembangkan karya kita maka tidak ada salahnya jika suatu saat nanti blog anda akan menghasilkan banyak uang untuk anda.

Nah berikut ini akan saya sampaikan 5 hal mendasar untuk kesuksessan membangun blog anda. 5 hal mendasar ini bisa anda jadikan rujukan untuk membangun blog anda menjadi lebih baik lagi, lebih besar, lebih memiliki kegunaan yang besar bagi para pengunjung dan tentunya akan lebih menghasilkan uang untuk anda:

Tips Sukses Mengembangkan Blog

Untuk memiliki blog yang sukses, Anda memerlukan:

Bakat Menulis
Perlu anda ketahui bahwa sebagian besar blog merupakan media berbasis penulisan. Blog apapun itu blog video, blog tutorial, blog berita, blog media sosial semuanya berbasis tulisan, jadi hal terpenting yang harus anda ketahui dan pelajari adalah bagaimana menulis blog yang baik. Content is King begitulah banyak para blogger profesional mendengungkan hal itu, ya memang benar isi tulisan blog adalah raja, jika anda mampu membuat tulisan yang unik, lain daripada yang lain, kreatif, bebas copy paste maka blog anda akan dirasa memiliki kegunaan yang besar bagi pembaca anda entah apapun niche blog anda dan akan menjadi nilai positif dimata mesin pencari yang akan menganggap blog anda penting.

Bahkan hal yang paling biasa dari kehidupan anda sehari-hari atau topik dapat ditulis dalam blog dengan cara yang menghibur, lucu, atau berwawasan jika blogger menulisnya dengan benar-benar baik. Tulisan Anda adalah dasar dari blog Anda. Jadi pelajari keterampilan tata bahasa Anda, aturan tentang tanda baca, dan mengoreksi kesalahan dari posting Anda sebelum Anda mempublikasikannya.

Buat Blog Menjadi Sesuatu yang berharga.
Coba lihatlah blog-blog yang memiliki pengunjung ribuan, puluhan ribu bahkan jutaan pengunjung setiap harinya. Itu karena mereka memberikan sesuatu yang berharga di blog mereka kepada para pembaca. Mereka memberikan apa yang pembaca cari, memberikan tulisan yang tidak bisa mereka cari di blog lain, memberikan pembaca solusi atas suatu masalah, memberikan pembaca sesuatu yang menarik dan pada intinya blogger memberikan sesuatu yang berharga di blog mereka sehingga pengunjung akan betah membaca blog anda dan akan kembali lagi suatu hari untuk membaca blog anda. Apapun bisa bisa berikan kepada pembaca entah itu blog anda tentang tutorial, video, soial media, informasi bahkan blog yang berisi pengalaman sehari-haripun bisa memiliki ribuan pengunjung jika anda bisa memberikan sesuatu yang berharga di blog anda tidak terkecuali apapun niche blog anda.

Sesuatu yang berharga bisa anda berikan dengan cara anda sendiri mungkin dari tulisan anda yang menarik, berkesan, memberi nilai lebih, memberi solusi dan lain sebagainya. Intinya adalah, Anda harus memiliki sesuatu yang bisa membuat pembaca Anda akan menemukan berharga dan terus datang kembali untuk kembali ke blog anda dengan cara begitu blog akan tumbuh. Dan saya yakin bahwa kita semua memiliki sesuatu yang berharga untuk ditawarkan, jika kita menentukan dan mengolahnya. Itu yang saya sukai tentang blogging!


Penampilan yang Menarik.
Penampilan blog yang menarik dan rapi akan menjadikan pengunjung dan pembaca blog anda akan betah di dalamnya, bagaimana pengunjung akan betah di blog anda jika tampilan blog yang anda kelola berantakan, tidak rapi, berat dan lain sebagainya. Penampilan blog yang menarik bisa didasarkan pada skema warna, font, gambar, pembentukan paragraf, dan sebagainya. Ada banyak cara menyenangkan yang bisa Anda lakukan untuk memperindah blog yang dapat menyesuaikan penampilan blog Anda terlepas dari platform yang Anda gunakan (Blogger, Wordpress, dll), banyak para pakar SEO menekankan pentingnya memiliki blog Anda dirancang secara profesional walaupun hanya digunakan sebagai blog pribadi.

Menurut pengalaman saya pribadi saya akan berpindah blog jika saya masuk sebuah blog yang tidak menarik secara visual. Bagi saya, sebuah blog dengan desain miskin mencerminkan seberapa serius atau tidaknya seorang blogger dalam mengelola blognya. Anda harus memperlakukan blog Anda seperti bisnis. Anggap saja jika blog Anda adalah sebuah restoran atau toko ritel yang anda kelola, tetapi dari luar bangunan Anda nampak tidak menarik dan terkesan buruk, orang tidak akan mau masuk, kan?

Konten yang unik
Bayangkan saja ada ratusan ribu bahkan jutaan blog dan website diluar sana, bagaimana anda bersaing dengan mereka bersaing dengan para pakar SEO, bersaing dengan para pemodal besar, bersaing dengan designer blog yang profesional? Jawabannya hanya satu yaitu isi dari blog anda harus unik. Unik adalah memiliki khas sendiri, beda dari yang lain. Pakar SEO, modal besar, blog yang bagus tetap akan tidak ada gunanya jika tidak memiliki konten unik di blog mereka. Mesin pencari yang sekarang ambil salah satu saja sekarang ini Google Alogaritma yang terbaru yaitu Google Hummingbird, yaitu suatu alogaritma google yang terbaru merupakan robot txt penjelajah blog yang memiliki teknologi tinggi menitik beratkan keorisinalan dan keunikan blog menjadi hal yang utama.

Maka tak mengherankan jika banyak sekali blog yang dahulunya memiliki banyak pengunjung, rank yang tingi terjun bebas trafiknya karena mereka tidak memiliki keunikan di isi blognya, namun banyak juga blog pribadi yang menanjak trafiknya karena konten mereka berkualitas, unik dan beda dari yang lain. Yang perlu anda ingat adalah "KONTEN ADALAH RAJA".

Waktu
Sesuatu yang hal yang dirancang dengan seksama, kerja keras dan dipenuhi para pakar pun tetap harus menunggu waktu untuk membuatnya tumbuh dan sukses. Untuk itu lah mengapa anda dituntut untuk bersabar. Bahkan Facebook media terbesar saat ini juga membutuhkan waktu 5 tahun untuk mencapai 1 milyar pengguna. Jadi anda dituntut untuk bersabar, semua hal membutuhkan banyak waktu untuk tumbuh dan berkembang tak terkecuali Blog anda.

6 comments:

  1. ilmu yang bermanfaat buat para pengembang blog yang masih baru seperti saya..
    Terima kasih artikelnya.. salam kenal.
    Ditunggu kunjungan baliknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan..sama2 kita sesama blogger pemula memang harus selalu berbagi infformasi yang bermanfaat, terima kasih telah berkunjung

      Delete
    2. Artikel nya menarik dan cocok untuk bloger pemula
      Thanks you

      Delete
  2. terima kasih atas pengetahuan nya dan sLAM KENAL DARI PEMULA

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasi yang anda berikan...

    ReplyDelete
  4. saya setuju dengan waktu memang untuk membuat blog menjadi sebuah situs yang mampu menghasilkan banyak pengorbanan yang harus di tempuh dan dilakukan tapi itu tidak sebanding dengan apa yang akan kita nikmati nanti...
    semua jeripayah kita siang malam akan terbayar. asalkan kita mau konsisten dan rajin.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara