sponsored ads

Tips & Cara Menyampaikan Kritik Yang Benar

Posted By : Posted on - 4:01:00 PM with No comments

Tips & Cara Menyampaikan Kritik Yang Benar - Jika anda bekerja di suatu perusahaan yang mengharuskan anda untuk berkumpul, bertemu maupun menjadi sebuah tim di perusahaan tentunya anda harus berhadapan dengan banyak masalah kritikan, kecuali jika anda masa bodoh dengan orang- orang disekitar anda itu masalah lain. Secara umum orang akan mengkritik atau memberi saran kepada seseorang jika mereka melakukan kesalahan. Namun sering kali orang akan enggan memberikan saran karena menganggap kalau kritikan itu nantinya akan membuat hubungan yang tidak baik, permusuhan atau masalah lain.

Padahal anda dapat menyampaikan kritikan dengan banyak cara sehingga orang yang kita kritik tidak salah paham dan yang terpenting adalah kritikan bisa memotivasi orang lain untuk bekerja atau berbuat lebih baik lagi untuk memperbaiki kesalahan. Nah berikut ini adalah tips bagaimana mengutarakan kritikan yang baik dan benar dan tentunya membangun.

Tips & Cara Menyampaikan Kritik Yang Benar

Cara Menyampaikan Kritik

Pikir Dengan matang Kritik Yang Akan Disampaikan
Kritikan itu sebenarnya baik untuk menyadarkan sesorang akan kekurangan atau kesalahannya, namun kritik juga berbuah salah paham, hubungan yang tidak baik bagi mereka yang tidak suka dikritik. Untu itu Sebelum menyampaikan keluhan atau kritik pada rekan kerja, pikirkan kembali apakah akan berpengaruh pada situasi kerja tim. Sebaiknya, pastikan rekan kerja lain punya pemikiran sama dengan Anda.

Sampaikan Kritik Dengan Diplomatis
Kritik yang disampaikan secara tidak benar hanya akan membuat salah paham. Anda harus menyampaikannya dengan cara diplomatis, menggunakan kata kata yang baik dan sopan. Jangan pernah mengkritik dengan kesan memojokkan atau menyalahkan orang tersebut. Jika Anda berada di posisinya, tentu merasa tidak nyaman kan? Pastikan menyampaikan kritik dengan singkat dan mudah dipahami. Jangan bertele-tele, apalagi berpanjang lebar karena akan membuat emosinya kian bertumpuk.

Siapkan solusinya Jika Anda Mengkritik
Banyak orang memiliki kritik kritik yang tajam dan detail dari sebuah kritikan, namun mereka selalu tidak mempunyai solusi dari kritik yang mereka utarakan. Mereka hanya bisa mengkritisi sesuatu namun tidak memiliki solusi pemecahan dari masalah yang mereka kritisi. Jangan asal memberi kritik, ada baiknya Anda juga memberikan saran sebagai solusi. Cara ini bisa meminimalisasi rasa kesal rekan kerja yang Anda kritik. Tidak mau kan rekan kerja melabel Anda sebagai si tukang mengeluh?

Bicara dan dengarkan
Jika anda mempunyai kritikan terhadap orang lain anda juga harus mendengarkan alasan ataupun pendapat mereka, mungkin kritik yang anda utarakan memang benar namun mungkin saja mereka juga mempunyai alasan yang benar sehingga melakukan hal-hal yang menjadikan kritik buat anda. Setiap memberi kritik, beri waktu kepada lawan bicara untuk menyampaikan pendapat dan tanggapan mereka. Ingat, kritik bukanlah sarana untuk membuat citra seseorang menjadi buruk. Kritikan yang baik akan memotivasi seseorang untuk berbuat yang lebih baik.

Pilih waktu tepat Untuk Menyampaikan Kritik
Bagaimanapun kritik adalah hal yang sensitif. Karena itu, usahakan cari waktu yang tepat untuk menyampaikan kritik Anda. Lihat dulu suasana hatinya, apakah sedang mendung atau cerah. Suasana hati yang cerah akan memudahkan rekan kerja Anda dalam menerima kritik. Selain itu, hindari melontarkan kritik di depan umum. Kritik yang dilontarkan secara tidak tepat, tidak sesuai tempat akan menimbulkan kesalahpahaman, bukan motivasi membangun yang didapat malah akan menimbulkan perpecahan dan hubungan yang tidak baik.

Kritik dan Dikritik
Jika anda bisa mengkritik sesorang untuk berbuat lebih baik lagi maka anda juga harus bisa menerima jika kritikan itu datang kepada anda. Kritik itu baik kok selama apa yang menjadi bahan kritikan itu membangun, dan yang harus diingat adalah jika anda mengkritik sesorang atas kesalahan yang dibuat anda juga harus menghindari kesalahan yang sama.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara