Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manager

Posted By : Posted on - 3:09:00 AM with 1 comment

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manager - Sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi yang sukses maka haruslah memiliki manager yang handal dan profesional. Dalam tata bahasa manager adalah penyusun atau orang yang menyusun standar kerja para bawahannya sesuai perintah atasan maupun bidang jabatan yang diembannya. Sama seperti tugas dan tanggung jawab supervisor maka manager inipun memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar. Seorang manager haruslah orang yang benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, berwawasan luas, memiliki etos kerja yang tinggi mampu membina dan melakukan komunikasi yang baik antara atasan dan bawahannya. Tugas setiap manager di perusahaan instansi maupun organisasi tergantung dari jabatan yang ia emban atau sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan, instansi maupun organisasi. Nah berikut ini adalah tugas seorang manager diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Manager

Menetapkan, menyetujui dan mengkomunikasikan standar kinerja dan perilaku.
Tugas manager adalah menjelaskan maupun memberi instruksi kerja kepada staff secara tepat, dan memiliki standar kerja yang harus dipenuhi, dan selalu meyakinkan para bawahannya bahwa mereka akan melaksanakannya dengan baik dan lancar.

Mengomunikasikan ke atasan dan ke staff.
Anda sebagai seorang manager harus memiliki komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan anda. Banyak masalah didalam organisasi yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang jelas antara manajemen dan staff. Sebagai seorang manager, Anda harus sangat aktif dan tepat dalam memberikan informasi dari para manager dan staff Anda, dan juga dalam memberikan laporan dari staff ke manager Anda sehingga masalah-masalah dapat diselesaikan.

Memonitor penampilan kerja staff.
Sebagai seorang manager Anda harus banyak menggunakan waktu Anda di lapangan, memastikan bahwa staff Anda mengerjakan apa yang harus mereka kerjakan, Anda tidak dapat mengontrol secaraa efektif jika Anda mempergunakan seluruh waktu Anda dengan duduk di kantor saja. Melakukan "coaching" dan memberikan umpan balik kepada staff. Ketika Anda memonitor staff Anda, tugas Anda bukanlah untuk mencari kesempatan untuk menghukum kesalahan-kesalahannya. Tugas Anda adalah untuk menghargai pekerjaan yang telah dilakukannya dengan baik, dan membantu staff memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah dibuatnya. Ini berarti bekerja dengan mereka secara terus menerus untuk meningkatkan penampilan kerja mereka setiap saat.

Memecahkan masalah-masalah kerja yang muncul.
Ketika Anda menemukan masalah-masalah di tempat kerja, Anda harus melakukan lebih dari sekedar melaporkan masalah-masalah tersebut kepada atasan Anda, Jika Anda mampu, Anda seharusnya secara aktif menyelesaikan masalah-masalah dengan staff Anda. Seorang manager yang baik adalah seorang pemecah masalah (problem solver), bukan sebagai seorang yang melaporkan masalah saja.

Menegakkan disiplin.
Seorang manager yang profesional dapat meyakinkan staffnya untuk mengikuti aturan dan kebijakan organisasi. Dia mengoreksi staffnya yang melanggar aturan dengan cara yang manusiawi dan efektif. Menghargai dan menegakkan hak-hak pekerja. Seorang manager yang profesional menyadari bahwa seluruh pekerja mempunyai hak-hak yang harus dilindungi, Para manager bekerja keras untuk meyakinkan bahwa hak-hak pekerjanya dihargai.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara