Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Bahan Herbal

Posted By : Posted on - 3:42:00 AM with 4 comments

Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Bahan Herbal - Pernahkah anda alergi terhadap sesuatu, alergi ringan bisa menyebabkan bersin-bersin, merinding dan pada alergi tingkat lanjut bisa menyebabkan bentol-bentol dikulit dan berwarna merah dan berasa gatal atau perih. Alergi sejatinya bukanlah suatu penyakit, alergi secara umum adalah reaksi yang berlebihan terhadap rangsangan tertentu baik oleh benda makanan atau keadaan lingkungan. Sedangkan menurut wikipedia Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen. Alergi disebabkan oleh produksi antibodi berjenis IgE.

Cara Alami Mengobati Alergi Dengan Bahan Herbal

Alergi timbul yang paling umum adalah karena makanan, jenis makanan yang bisa menimbulkan alergi biasanya makanan yang mengandung kadar protein tingggi seperti ikan, daging, udang, susu dan makanan berkadar protein tinggi lainnya. Berikut beberapa tips untuk mencegah alergi:

  • Menjaga kebersihan badan dan lingkungan, jangan sampai barang barang disekitar anda kotor atau berdebu yang dapat menimbulkan rangsangan alergi, jauhkan atau jangan pelihara hewan peliharaan di dalam rumah.
  • Jangan memakai parfum atau wewangian badan yang dapat memicu alergi baik parfum badan, parfuum ruangan, obat semprot nyamuk dan lain sebagainya.
  • Gunakan bantal yang berbahan dasar busa bukan kapuk, sprei menggunakan bahan cotton dan minimal 1 minggu sekali dicuci bersih.
  • Gunakan pakaian yang berbahan katun dan dapat menyerap keringat, jangan gunakan pakaian yang berbahan wol atau bahan lain yang dapat memicu alergi.
  • Hindari makanan yang dapat memicu alergi seperti yang saya sebutkan diatas.
  • Jika ruangan anda memakai AC maka jangan mengatur suhu terlalu dingin.
  • Konsultasikan dengan dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan tertentu untuk mengatasi Alergi.

Mengobati Alergi Dengan Cara Alami
Nah setelah kita ketahui apa itu alergi dan cara pencegahannya sekarang kita bahas tentang cara pengobatannya dengan menggunakan bahan-bahan alami:

Daun Kelor
Selain memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, daun kelor juga bisa digunakan untuk mengobati alergi. Caranya, sediakan 30 gram daun kelor, 1 siung bawang merah, 5gram ada, 5gram pulosari, dan 3 gelas air. Semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum airnya dua kali sehari tiap pagi dan sore masing-masing satu gelas.

Daun Komfrey
Siapkan daun komfrey segar danagak tua sebanyak 4 lembar dan cuci dengan bersih, lemaskan bisa dengan melayukannya atau memasaknya. Gunakan untuk lalapan. Atau anda bisa membuatnya sebagai jus dengan diblender. Cara lainnya rebus daun komfrey dengan 4 gelas air dan didihkan hingga tersisa 3 gelas. Minum air rebusan daun komfrey ini 3 gelas untuk 3 kali minum yaitu pagi hari, sore hari serta menjelang tidur.

Jika cara diatas digunakan untuk mengobati atau mengatasi alergi, berikut ini adalah cara mengobati alergi lanjut yaitu efek dari alergi yang berupa bentol merah dikulit yang berasa agak gatal dan perih yang biasa disebut Urtikaria. Bentol kulit berwarna merah ini biasanya berada di pipi, leher, punggung, lengan dada, paha atau anggota badan lain:

Mengobati Urtikaria dengan Daun Kayu Putih
Caranya adalah ambil 1 genggam daun kayu putih, cuci dan bersihkan lalu masak hingga mendidih menggunakan air bersih sebanyak 3 gelas. Diamkan hingga hangat-hangat kuku dan gunakan untuk mencuci kulit yang gatal karena alergi.

4 comments:

  1. terima kasih gan untuk info yang sangat brilian nya,,,

    ReplyDelete
  2. selalu ditunggu info info selanjut nya
    yang menarik dan bermanfaat
    trimakasih

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara