Tips Mengoptimalkan Modal Terbatas dengan Untung yang Besar

Posted By : Posted on - 5:33:00 PM with 1 comment

Tips Mengoptimalkan Modal Terbatas dengan Untung yang Besar - Sesuai dengan judulnya kali ini saya akan share bagaimana memanfaatkan modal yang terbatas namun memiliki prospek untung yang tanpa batas. Yah setiap orang pasti memiliki definisi dari modal kecil tersebut. Ada yang menyebut memulai berbisnis dengan modal kecil itu bisa dibawah 1 juta rupiah namun ada yang menyebut modal kecil itu dengan jutaan rupiah, semua itu tergantung dengan kemampuan individu masing-masing. Yang akan kita bahas disini adalah cara bagaimana hal itu bisa terlaksana dengan menggunakan modal yang cukup terbatas namun bisa menghasilkan untung yang tanpa batas. Berikut tips bagaimana menghasilkan untung yang besar dengan modal yang kecil:

Tips Mengoptimalkan Modal Terbatas dengan Untung yang Besar

Memilih & Menetapkan Jenis Usaha dari Hobi
Lihat sosok dari Jan Koum pendiri Whatsapp atau Mark zuckerberg atau pengusaha Bob Sadino mereka awalnya bukan orang yang superkaya dengan modal yang besar juga, namun mereka memulai usaha dengan modal yang terbatas dan sesuai dengan hobi dan keahlian mereka. Jan  Koum dan Mark mereka suka dengan dunia komputer sebagai programmer atau Bob Sadino yang menyukai marketing. Sebelumnya, seorang pelaku bisnis haruslah mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Pertimbangkan keahlian khusus di diri anda yang dapat dijadikan sebagai bekal usaha dan menghasilkan keuntungan dengan modal kecil.  Apabila anda memiliki hobi memasak, anda dapat menggunakan skill memasak anda untuk membuat usaha katering kecil-kecilan atau makanan ringan seperti gorengan. Selain itu, bagi anda yang hobi berkebun, anda dapat memikirkan untuk mengembangkan hobi anda dengan menjual bibit tanaman atau jasa hias taman.

Pergunakan Modal Anda yang Terbatas
Sama seperti hal diatas yang tadi kita bahas, orang-orang sukses tersebut memulai usaha bukan dengan modal yang besar dengan hasil yang besar, lihat saja Jan Koum jangankan untuk modal besar untuk makan dia dan ibunya saja dia harus mendapat jatah dari pemerintah, namun dia bisa menggunakan moal yang kecil namun memiliki untung yang super besar. Tidak masalah apakah modal anda berjumlah ratusan ribu rupiah atau jutaan. Asalkan anda memiliki tekad yang kuat, keterampilan dalam bidang usaha anda serta kerja keras pastinya akan lebih besar kemungkinan anda untuk sukses.

Jalin Relasi yang Akrab (Bersosialisasi)
Sebelum anda memasuki dunia usaha yang lebih besar tentunya anda memulainya dengan hal kecil terlebih dahulu, nah sosialisasi disini yang sangat diperlukan, orang orang disekitar anda akan mengomentari, akan memberi saran tentang produk yang anda hasilkan, nah disini pentingnya orang-orang tersebut jadi anda mengetahui segala hal yang kurang dengan produk anda sehingga anda bisa memperbaikinya sebelum anda memasarkan hasil produk anda di luar. Membangun sebuah jaringan dan silaturahmi yang erat akan dapat membantu anda dalam memulai dan mengembangkan usaha modal kecil anda. Teman, kerabat, dan orang-orang di sekitar anda bisa membantu anda dalam bertukar pendapat, memperluas pemasaran, serta memberikan keuntungan jika ada yang berminat membeli produk anda.

Kembangkan Kemampuan Anda dan Pelajari Usaha Anda
Benar kata para pakar motivasi bahwasannya "Kesuksesan adalah milik mereka yang mau Belajar". Belajar disini adalah belajar bagaimana membangun usaha anda, belajar mengembangkannya, belajar bangkit dari keterpurukan, belajar memiliki ide usaha, belajar menghasilkan produk yang baik, belajar pemasaran, belajar memanage usaha dan pembelajaran lainnya. Agar sukses memulai usaha modal kecil untung besar anda, anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang usaha tersebut serta menambah keahlian khusus yang anda miliki dengan media internet, buku-buku bisnis, atau belajar dari pengalaman orang lain.

Pilih Jasa atau Produk yang Banyak Diminati
Faktor ini sangat penting demi kelangsungan usaha anda. Amati situasi pasar dan selera konsumen saat ini agar anda dapat menentukan jenis jasa atau produk yang banyak dibutuhkan dan akan diminati konsumen di masa mendatang. Disamping itu, anda juga perlu mempertimbangkan banyaknya pesaing di bidang usaha serupa. Sebagai saran, sangat penting untuk melakukan diversifikasi produk dan meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat menyaingi kompetitor usaha anda.

1 comment:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara