Tips Menabung Secara Efektif

Posted By : Posted on - 4:40:00 PM with 1 comment

Tips Menabung Secara Efektif - Orang akan menabung uang atau asetnya untuk digunakan keperluan besar suatu saat nanti tergantung tujuannya, ada yang menabung untuk keperluan hidup jika saatnya pensiun nanti, ada yang menabung untuk modal usaha, menabung untuk keperluan yang lebih besar seperti membayar anak masuk kuliah, menabung untuk membeli rumah ataupun hal yang lain. Banyak sekali cara menabung yang efektif dan efisien namun kita sering kali melakukan beberapa kesalahan dalam hal menabung sehingga sampai waktu target yang kita targetkan tiba kita tetap tidak memiliki tabungan bahkan saat waktu pensiun kita telah tiba. Nah berikut ini adalah tips cara menabung yang efektif.

Tips Menabung Secara Efektif

Niat
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah niat, sebaik apapun rancangan atau ide anda, seteliti apapun riset dan hal yang anda rancang namun jika anda tidak mengaplikasikannya maka ide brilian itu tetap tidak akan terlaksana. Lakukan itu dimulai SEKARANG dan jangan menunda nunda waktu yang sangat berharga ini.

Menetapkan Target
Anda harus memiliki target yang ingin anda tentukan jika anda tidak memiliki target yang jelas maka anda tidak akan memiliki apa-apa. Target seperti sebuah tujuan, dan ketika kita memiliki tujuan, langkah kita akan terarah dan semakin mudah menjangkaunya. Targetkan berapa besar tabungan yang ingin Anda miliki dan anda juga harus menargetkan waktu dengan tepat sebagai contoh saja anda harus mempunyai tabungan sebesar 20 juta atau 50 juta dalam 2 atau 3 tahun.
   
Sisihkan Bukan Sisakan
Mereka akan menabung ketika ada yang tersisa. Hal ini tentu saja tidak akan pernah kesampaian karena hampir tidak mungkin ada yang tersisa. Menabung yang benar adalah dengan menyisihkan sejak awal, ketika menerima gaji atau royalti. Dengan demikian kita sudah 'menyelamatkan' dahulu uang tabungan kita sebelum mulai memperguanakan sisanya.
   
Lakukan Secara Rutin atau Terjadwal
Terjadwal yang dimaksud disini adalah anda memiliki jadwal tetap kapan anda akan rutin menabung, apakah itu 1 minggu sekali ataukah sebulan sekali tergantung dengan budget yang anda punyai. Menabung hanya bisa berhasil ketika dilakukan secara rutin dan terjadwal. Jika Anda menunggu naik pangkat, penghasilan besar baru memutuskan menabung, niscaya Anda tidak akan pernah memiliki uang tabungan. Lakukan tiap bulan, akan lebih baik seminggu sekali.

Jumlah yang Anda Tabung
Nah disinilah faktor yang seringkali sulit dilakukan bagi orang yang akan menabung secara benar. Biasanya waktu awal-awal menabung jumlahnya besar namun seiring waktu jumlah uang yang akan ditabungkan malah semakin kecil. Anda bisa menabung dengan jumlah yang tetap, atau semakin besar dan usahakan bukan semakin kecil.

Jangan Ada Akses ATM
Menabung akan lebih berhasil apabila Anda tidak memiliki askses ATM. Artinya uang yang Anda tabungkan harus terpisah dengan rekening untuk keperluan sehari-hari. Fasilitas pembayaran berbagai macam tagihan sering menghamburkan makna rekening tabungan yang sebenarnya yang seharusnya semakin mengakumulasikan jumlahnya dari waktu ke waktu. Tetapi karena tercampur dengan untuk sarana pembayaran tagihan kita sering kali lupa bahwa yang seharusnya tetap berada di dalam rekening sebagai tabungan turut serta tergerus untuk membayar tagihan.
   
Natura
Anda bisa menabung dalam bentuk natura misalnya emas atau logam mulia, tidak selalu harus berupa uang di bank. Banyak yang menganggapnya tidak likuid alias susah dicairkan jika perlu sewaktu-waktu. Anda tidak perlu khawatir karena emas dan logam mulia sangat likuid jika Anda membawanya ke Pegadaian. Saya menyarankan logam mulia karena nilai logam mulia ini semakin hari nilainya akan semakin besar bukan malah semakin kecil.
   
Jangan Diambil
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan yang tidak terduga. Usahakan jangan diambil walau sesulit apa pun, atau jika dalam bentuk emas dan logam mulia jangan diuangkan. Anda bisa mencari alternatif lain selain berhutang. Jika anda berhutang itu sama saja, nilai tabungan anda semakin besar namun jumlah hutang anda juga semakin besar.
   
Mempunyai Motivasi yang Kuat
Anda harus mempunyai motivasi yang tinggi kenapa anda harus menabungkan uang anda, beri alasan yang kuat mengapa menabung. Untuk biaya pendidikan anak keluar negeri, komitmen terbebas dari utang. Membeli rumah berikutnya. Membeli mobil baru berikutnya. Mempunyai usaha jika saatnya anda pensiun nanti atau hal lain yang bisa anda jadikan motivasi untuk selalu menabung.

1 comment:

  1. Bagus infonya :)
    Menabung memang sangat penting untuk rencana masa depan kita.
    Ijin berbagi ini dia Tips agar bisa menabung

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara