sponsored ads

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik & Benar

Posted By : Posted on - 11:23:00 AM with 2 comments

Tips & Cara Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar
Tips & Cara Membuat Surat Lamaran yang Baik dan Benar - Surat lamaran kerja adalah surat pemberitahuan ataupun surat permohonan kepada perusahaan maupun lembaga kerja untuk mengajukan lamaran pekerjaan. Perlu anda ketahui bahwa pertama kali pertimbangan pihak-pihak termohon seperti perusahaan untuk mempertimbangkan anda diterima ataupun tidak terletak pada isi dari surat lamaran kerja anda. Jika anda asa-asalan saja dalam membuat surat lamaran kerja maka sudah dipastikan anda tidak akan diterima dan surat lamaran anda akan berlanjut ke tong sampah. Untuk itu saya akan sedikit share bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Kesan Surat Lamaran
Tulis surat lamaran kerja anda dengan baik dan benar, tulis secara lengkap nama, alamat perusahaan dengan benar atau jika surat lamaran anda ditujukan untuk perseorangan maka tulis dengan spesifik nama orang yang dituju, jabatan termohon.

Surat Lamaran Rapi & Bersih
Hindari kata-kata yang tidak perlu dan tidak resmi. Gunakan tata bahasa baku yang baik dan benar sesuai persyaratan yang ditentukan baik menggunakan bahasa indonesia maupun inggris. Dengan susunan surat lamaran kerja yang bersih dan rapi orang yang anda tuju mudah menangkap isi dari surat lamaran kerja anda.

Surat Lamaran Harus Singkat dan Padat
Secara logika perusahaan yang anda tuju pasti menerima ratusan atau bahkan ribuan surat lamaran pekerjaan sejenis dengan anda, oleh karena itu tulis secara singkat, padat namun jelas tujuan anda. Gunakan kata-kata yang biasa anda gunakan dan mudah dimengerti dan harus diingat jangan menulis surat lamaran pekerjaan anda lebih dari satu halaman. Surat lamaran yang terlalu panjang terbukti tidak efektif.

Isi surat Lamaran Kerja Anda
  • Pembukaan: Sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut. Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Anda.
  • Pekerjaan Anda sekarang: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu Anda perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.
  • Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.
  • Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

Proof Read Surat Lamaran Kerja Anda
Proof read adalah membaca kembali surat lamaran pekerjaan anda, periksa kembali apakah ada kesalahan pengetikan, kesalahan tata bahasa (grammar), kesalahan tanda baca  atau kekurangan lain yang belum anda tulis atau lampirkan. Merujuk pada suatu website bahwa ""Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar 

Yogyakarta, 17 Agustus 2014
Kepada:
Yth. Bapak/Ibu Bag. Personalia
PT. World Finance
Gedung Bursa Efek Jakarta lt.14
Jln. Jenderal Sudirman, Jakarta
Dengan Hormat,

Menanggapi iklan Bapak/Ibu di Harian Kompas tertanggal 10 Agustus 2014 tentang lamaran pekerjaan posisi sebagai Financial Advisor dengan ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan, yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                           : Julia Eka
TTL                               : Yogyakarta, 20 Juli 1990
Agama                         : Islam
Jenis Kelamin            : Wanita
No. Telp                       : +6287710102121
Kewarganegaraan    : Indonesia
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan persyaratan berikut ini:
  • Pas photo warna 4x6 2 lembar
  • Foto copy KTP
  • Foto copy Ijazah
  • Foto copy Transkrip nilai
  • Foto copy kartu kuning
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy sertifikat-sertifikat
  • Foto copy akta kelahiran
  • Daftar riwayat hidup

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya untuk diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatiannya, kebijaksanaan dan dikabulkan permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Julia Eka

2 comments:

  1. perhatikan contoh daftar riwayat hidup nya soalnya itu portal awal gimana perusahaan ngeliat freshgraduate. IMHO CMIIW

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah setelah saya mencoba tips dari blog mas jadi lebih gampang dalam membuat surat resmi saya yang sebelumnya bermasalah ketika saya coba membuatnya menggunakan word.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara