Perbedaan Netbook & Notebook

Posted By : Posted on - 2:23:00 PM with No comments

Perbedaan Netbook & Notebook
Banyak yang mendefinisikan netbook dan notebook itu adalah perangkat komputer yang sama, sebenarnya benar juga sih kalau beranggapan begitu namun ada beberapa perbedaan mencolok yang secara jelas membedakan notebook atau netbook. Apa saja perbedaanya berikut ulasannya:

Ukuran Fisik
Notebook atau yang lebih kita kenal dengan Laptop memiliki dimensi layar yang lebih besar dari netbook yaitu 10x8 (13 inci) - 15x11 (17 inci) atau bisa lebih besar. Ketebalan sekitar 0,7-1,5 inci dan memiliki berat 1,4-5.4kg tergantung merek dan model. Biasanya Laptop model terdahulu memiliki berat dan dimensi layar yang besar sedang netbook biasanya memiliki dimensi layar sekitar 5-13 inci dan berat yang lebih ringan.

Fitur
Netbooks biasanya dibuat lebih dalam fitur Wi Fi, Ethernet, Port USB dan slot yang didedikasikan untuk kartu memori, sehingga biasanya netbook tidak memiliki CD atau DVD Drive. Ini adalah alasan mengapa hal itu relatif lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan laptop. Semua perangkat periferal eksternal dan hanya dapat dihubungkan melalui port USB. Laptop, di sisi lain memiliki semua perangkat periferal yang utuh. Versi yang lebih baru dari laptop juga memiliki lanjutan dibangun di WiFi, port USB, slot kartu memori, Ethernet, konektivitas SD Card Bluetooth, built in webcam ditambah lebih banyak fitur yang netbook konvensional tidak dapat mendukung.

Daya Komputasi
Berikutnya adalah berkaitan dengan daya komputasi. Netbooks tersedia saat ini, memiliki kecepatan prosesor yang akan berkisar 0,4-1,6 GHz dan ukuran penyimpanan yang akan bervariasi 4-160 GB. RAM yang memiliki kemampuan untuk memproses 0,5 sampai 1,5 GB informasi tergantung pada jenis modelnya. Sementara laptop, memiliki kecepatan pengolahan 1,6-2,4 GHz dan ukuran penyimpanan yang besar yang akan bervariasi 20-250 GB hard drive. RAM yang akan berkisar dari 1 sampai 4 GB tergantung pada model. Jelas, laptop yang mampu menangani aplikasi berat seperti editing video dan game hard core. Netbooks di sisi lain sangat ideal untuk mengakses aplikasi web, komputasi, dan aplikasi pengolah kata.

Namun dalam prakteknya, tidak ada definisi yang jelas tentang apa yang batas-batas harga kedua produk ini. Karena sekarang ini model model terbaru netbook maupun Notebook (Laptop) Memiliki fitur yang hampir sama baik secara memori, hardrive, RAM, Processor dan lain sebagainya yang membedakan hanya fisiknya yang besar dan kecil. Baca juga pilih AMD atau Intel Processor.

No comments:

Post a Comment

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                                   Terima Kasih, Admin Tips & Cara