sponsored ads

Tips Meditasi Untuk Ketenangan Pikiran & Kesehatan

Posted By : Posted on - 3:13:00 PM with 13 comments

Tips melakukan meditasi - Untuk melakukan meditasi, anda tidak perlu pergi ke tempat sunyi dan sepi, sebab anda bisa melakukan meditasi setiap hari dirumah meski hanya beberapa saat. Ada beberapa Cara Meditasi yang bisa dipraktekkan sehari-hari, agar pikiran lebih tenang dan anda bisa mengambil sisi positif dari segala permasalahan yang terjadi. Terbukti dalam dunia medis bahwa melakukan meditasi secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan.


Pada kesempatan kali ini saya akan share dari referensi Sitkes.com akan memberikan informasi bagaimana Cara Meditasi yang Baik dan Benar, agar anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk bermeditasi, seperti berikut:

Cara Meditasi Untuk Ketenangan Pikiran & Kesehatan
Tips & cara Meditasi

Jadikan Meditasi Sebagai Aktivitas Pertama di Pagi Hari
Biasakanlah untuk bermeditasi setelah bangun tidur, sebelum anda melakukan beberapa kegiatan seperti mandi dan menyiapkan sarapan. Mengawali hari dengan bermeditasi dapat membuat anda merasa tenang sepanjang hari dan menyingkirkan mimpi-mimpi buruk yang anda alami selama anda tidur semalam.

Fokus Pada Pernafasan
Inti utama pada meditasi adalah cara anda bernafas. Bernafaslah dengan pelan, ambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan secara perlahan, dan rasakan iramanya seiring dengan detak jantung anda. Jika anda bisa fokus pada pernafasan yang baik, maka anda sudah menapaki 50 persen meditasi.

Lakukan Pemanasan Sebelum Meditasi
Sebelum melakukan meditasi, ada baiknya jika anda melakukan sedikit pernapasan, seperti stretching. Proses ini dapat dilakukan sambil berbaring atau duduk, dan ingat untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa membuat anda merasa kelelahan sebelum melakukan meditasi.

Meditasi adalah Memfokuskan Pikiran, bukan Mengosongkan Pikiran
Meditasi adalah proses aktif yang bermanfaat apabila anda fokus pada tujuan. Lakukan meditasi sebagai aktivitas dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menenangkan pikiran, menghilangkan stress dan relaksasi. Jangan mengosongkan pikiran ketika meditasi. Intinya meditasi adalah pemfokusan pikiran untuk tujuan tertentu biasanya ketenangan pikiran namun anda juga bisa memfokuskan sesuatu seperti pada hypnotherapi sebagai contoh saja fokus untuk berhenti merokok, minum minuman keras atau lain sebagainya

Disiplin
Cobalah untuk bermeditasi secara rutin agar hasilnya dapat terasa. Dengan meluangkan waktu untuk bermeditasi anda dapat merasakan hasilnya, tidak hanya untuk psikologis namun juga secara fisik.

Sediakan Tempat Khusus Untuk Bermeditasi
Tidak perlu ruangan besar atau pergi ke suatu tempat yang sunyi dan sepi, cukup di pojokkan kamar atau sudut teras rumah anda. Yang terpenting adalah memastikan kebersihan ruangan untuk meditasi dari kotoran dan debu.

Nyalakan Lilin
Menyalakan lilin bagi pemula yang ingin melakukan meditasi sangatlah berguna, sebab berfokus pada satu titik sambil terpejamkan mata akan sedikit sulit. Untuk mengakalinya, anda bisa menyalakan lilin lalu memfokuskan pada satu titik, pada cahaya lilin tersebut. Akan lebih baik jika anda membeli lilin dengan aroma terapi.

13 comments:

  1. dengan cara meditasi akankah kita terhindar dari stres dan pikiran negatif??

    ReplyDelete
  2. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  3. tip's-nya bagus, gak ada salhanya kalau dicoba

    ReplyDelete
  4. artikelnya menarik,,,terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  5. mantap gan
    terimakasih atas info nya gan
    ditunggu update nya

    ReplyDelete
  6. thanks infonya gan
    saya tunggu info lainnya

    ReplyDelete
  7. thanks infonya,, bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  8. menarik infonya...
    di tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  9. artikelnya menarik,,terimakasih telah berbagi informasi,saya tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  10. informasi meditasinya sangat bagus.meditasi sangat bermanfaat pada tubuh kita.terutama untuk kesehatan.

    ReplyDelete

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan


                                                                                  Admin Tips & Cara